Berita Pangkalpinang

Curhat Mahasiswa Tingkat Akhir Saat Pandemi Covid-19, Penelitian, Survey Hingga Percobaan Tertunda

Sejumlah mahasiswa tingkat akhir dari berbagai kampus diseluruh Indonesia juga Bangka Belitung merasa kesulitan mengerjakan tugas akhir

Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Ilustrasi pengerjaan tugas akhir 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Sejumlah mahasiswa tingkat akhir dari berbagai kampus diseluruh Indonesia juga Bangka Belitung merasa kesulitan mengerjakan tugas akhir karena pandemi COVID-19 yang mendera awal Maret 2020.

Satu diantaranya, Aisyah Tri Wahyuni, mahasiswi Prodi Perancangan Mekanik, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel).

Dia mengatakan, dengan adanya penyebaran pandemi covid-19 di Babel penelitian tugas akhirnya sedikitnya terganggu.

"Kuliah biasa juga melalui daring, tugas yang diberikan para dosen setiap harinya bertambah, sedangkan proyek tugas akhir juga harus segera kita selesaikan," keluh Aisyah yang kerap di panggil Icha kepada Bangkapos.com, Senin (13/04/2020)

Dia menuturkan, proyek tugas akhirnya seakan terhambat, sebab tak bisa melakukan konsultasi secara langsung dengan dosen pembimbing dan berdiskusi dengan teman satu kelompoknya.

"Kan ada proyek tugas akhir yang harus kita selesaikan untuk kelulusan nanti, nah proyek tugas akhir ini kalau masuk kampus udah bisa dicicil dari sekarang, penelitian, survey lapangan, percobaan terpaksa tertunda dulu, kalau libur seperti ini gimana mau ngerjain," ucapnya

Menurutnya, pembelajaran atau konsultasi secara online dengan pembimbing seperti kurang efektif karena tidak bisa melakukan percobaan mesin langsung.

"Seperti kurang efektif saja, karena kalau di kampus kan bisa langsung praktek, bisa langsung digambarkan, terus bisa saling diskusi dengan teman satu kelompok apa yang kurang dengan proyek kita tersebut," jelas Icha.

Hal yang ia takutkan, jika pandemi penyebearan virus covid-19 ini tidak segera berlalu wisudanya pasa tahun ini akan ditunda afau digantikan secara online.

"Padahal kan ini momen yang sudah ditunggu-tunghu sejak awal masuk, sudah sedang menggerjakan proyek, survey, terus nanti tiba-tiba ditunda atau berubah menjadi wisuda online, semoga jangan, semoga ini akan segera berlalu," harap Icha.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved