Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Rina Tarol Nilai Penggunaan Gelang ODP Kurang Efektif, Psikologis Bisa Tertekan

Rina Tarol, menuturkan adanya keluhan dari beberapa masyarakat tentang penggunaan gelang pemantau pergerakan orang dalam pemantauan

Penulis: | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Ramandha
Anggota DPRD Babel, Rina Tarol 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Rina Tarol, menuturkan adanya keluhan dari beberapa masyarakat tentang penggunaan gelang pemantau pergerakan orang dalam pemantauan (ODP) dan orang tanpa gejala (OTG).

Diketahui, Provinsi Babel merupakan satu-satunya provinsi di Indonesia dalam menerapkan aplikasi Fight Covid-19 yang terhubung gelang dengan barcode khusus, untuk membatasi penyebaran Corona.

"Saya rasa secara psikologis pastinya berdampak kepada si pengguna gelang itu. Kenapa tidak sebaiknya dicari jalan yang lain," jelasnya kepada Bangkapos.com, Senin (13/4/2020).

Menurut Rina, permintaan atau pun imbauan dari pemerintah serta para petugas kesehatan untuk mengisolasi diri secara mandiri bagi masyarakat berstatus tersebut dirasa sudah lebih dari cukup.

Ia mengatakan, apabila yang bersangkutan sudah dilakukan rapid test dan hasilnya negatif, maka seharusnya bisa saja orang terkait mengisolasi dirinya secara mandiri.

"Selama 14 hari, mereka bisa isolasi secara mandiri saja di rumah. Kalau menggunakan gelang, psikologisnya akan tertekan. Seakan-akan mereka dikucilkan di masyarakat. Kan kasihan juga," ungkap Rina.

Wanita yang menjabat sebagai Sekretaris Komisi III DPRD Babel ini juga menyoroti, penggunaan gelang ODP dengan anggaran yang tidak sedikit tersebut, dirasa kurang efektif untuk menekan penyebaran Virus Corona.

Ia berpendapat, alangkah lebih baik dana terkait dapat menambah penerapan rapid test bagi ODP maupun OTG itu.

"Sebenarnya, tanpa gelang pun psikologis mereka sudah tertekan dengan status ODP itu. Lebih baik kita mengedukasi masyarakat, bagaimana tidak mengucilkan ODP," sebutnya.

"Bagi para ODP, bagaimana kita mendisiplinkan diri mereka untuk benar-benar menjalankan karantina mandiri mereka," imbau Rina.

(Bangkapos.com/Ramandha)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved