3 Opsi KPU Soal Pilkada Serentak yang Ditunda Karena Imbas Covid-19

Komisi pemilihan umum (KPU) memutuskan untuk menunda pelaksanaan Pilkada serentak karena pandemi virus corona (Covid-19).

KOMPAS/PRIYOMBODO
Ilustrasi Pilkada 

BANGKAPOS.COM - Komisi pemilihan umum (KPU) memutuskan untuk menunda pelaksanaan Pilkada serentak karena pandemi virus corona (Covid-19).

Ketua KPU, Arief Budiman usulkan 3 opsi kepada komisi II DPR RI dalam rapat virtual bersama Kemendagri, DKPP, serta Bawaslu, Selasa (14/4/2020).

WHO Sebut Virus Corona 10 Kali Lebih Mematikan dari Flu Babi

"KPU sudah memberikan opsi A B dan C, yaitu 9 Desember 2020, 17 Maret 2021 dan 29 September 2021," ujar ketua KPU.

Berdasarkan opsi yang diajukan KPU, jika diputuskan memilih opsi A, maka persiapan akan dilakukan mulai tanggal 30 Mei 2020.

Apabila Pilkada diputuskan dilaksanakan sesuai opsi B, maka persiapan akan dimulai pertanggal 1 Agustus 2020.

"Kemudian kalo kita memilih opsi ketiga tanggal 29 September 2021, maka pada tanggal 14 Februari 2020 kita sudah mulai tahapan," lanjut Arief.

Hal penting lainnya dalam melakukan tahapan pemilihan adalah mengaktifkan panitian pemungutan suara (PPS), maupun petugas pemilihan kecamatan (PPK) jika disepakati pemilihan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember.

Selain itu, hal yg perlu diperhatikan dan diharapkan bisa dilakukan tepat waktu adalah penrbitan Perppu yang paling lambat disahkan akhir April 2020.

"Pada tanggal 29 Mei harus dipastikan tanggap darurat sudah berakhir. Kemudian PSBB juga sudah selesai, karena ini tidak hanya berdampak pada KPU tapi juga terkait proses produksi dan distribusi logistik juga terpengaruh kalau kondisi penyebaran Covid-19 ini belum selesai," lanjutnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pilkada Serentak Ditunda Imbas Covid-19, KPU Usulkan 3 Opsi Pengganti, https://www.tribunnews.com/nasional/2020/04/14/pilkada-serentak-ditunda-imbas-covid-19-kpu-usulkan-3-opsi-pengganti.

Tags
pilkada
KPU
Editor: Evan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved