Breaking News:

Apakah Uang Setoran Jemaah Haji Dikembalikan Jika Ibadah Haji Batal?

Jika ibadah haji tidak terlaksana karena virus corona atau covid-19, maka uang pelunasan calon jemaah yang telah dibayarkan akan dikembalikan.

Editor: fitriadi
Bangkapos.com / Deddy Marjaya
Manasik haji yang dilaksanakan oleh Keluarga Besar Paud IT Amaliyah di Islamic Center Sungailiat Kabupaten Bangka Sabtu (15/1/2020) 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Pandemi virus corona masih terjadi di Arab Saudi.

Imbasnya, ibadah haji tahun 2020 belum bisa dipastikan berlangsungm bahkan terancam batal.

Bagaimana uang calon jemaah haji yang sudah disetor dan dilunasi? Apakah bisa kembali?

Pemerintah Arab Saudi sampai saat ini belum memutuskan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini dapat dilaksanakan atau tidak.

Namun, jika ibadah haji tidak terlaksana karena virus corona atau covid-19, maka uang pelunasan calon jemaah yang telah dibayarkan akan dikembalikan.

"Apabila ibadah haji tidak diselenggarakan karena kondisi darurat, maka setoran lunas calon jemaah haji reguler dikembalikan kepada jemaah yang telah melunasi Bipih (biaya perjalanan ibadah haji)," ujar Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto saat rapat virtual dengan Kementerian Agama, Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Syarat Penerima BLT Dana Desa, Keluarga Miskin di Desa Dapat Bantuan Pemerintah

Untuk jemaah haji khusus, kata Yandri, dana pelunasan yang telah dibayarkan akan dikembalikan ke jemaah melalui Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

"PIHK yang akan menarik kembali setoran lunas jemaah wajib mencantumkan nomor rekening jemaah yang melakukan penarikan setoran lunas," ucap Yandri.

Kepala BPKH Anggito Abimanyu menuturkan, hingga 15 April 2020 sudah ada 160 ribuan calon jemaah haji melakukan pelunasan.

"Nilai rupiahnya Rp 1,5 triliun, tambah 56 juta dolar AS. Jadi kurang lebih ada Rp 2,3 triliun yang ada di kas BPKH dan siap dikembalikan," tutur Anggito.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved