Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Dinas PUPR Babel Bangun Jembatan Bailey di Desa Delas, Jembatan Penganti Diusulkan Tahun Depan

perbaikan jembatan yang ambruk direncanakan akan dibangun pada tahun mendatang, dengan jumlah anggaran mencapai Rp 1 hingga 2 Milyar.

IST/Kominfo Babel
Gubernur Provinsi Babel Erzaldi Rosman bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Babel Noviar, melakukan pemantauan ambruknya jembatan di Desa Delas, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, pada Kamis (16/4/2020) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Gubernur Provinsi Babel Erzaldi Rosman bersama Kepala Dinas PUPR Provinsi Babel Noviar, melakukan pemantauan ambruknya jembatan di Desa Delas, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, pada Kamis (16/4/2020).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bangka Belitung, Noviar Ishak, mengatakan, pihak mereka akan melakukan perakitan jembatan darurat Bailey agar bisa diakses atau gunakan masyarakat untuk menyebrang.

"Saat ini sedang proses perakitan dan pemasangan jembatan Bailey, mudah-mudahan, kalau cuaca mendukung, peralatan dan personil tidak ada halangan, 2 sampai 3 hari jembatan bisa operasional,"jelas Noviar kepada wartawan, Kamis (16/4/2020).

Noviar menjelaskan untuk perbaikan jembatan yang ambruk direncanakan akan dibangun pada tahun mendatang, dengan jumlah anggaran mencapai Rp 1 hingga 2 Milyar.

"Pengganti jembatan yang ambruk akan diusulkan tahun 2021, jembatan berada di ruas jalan yang merupakan kewenangan Provinsi Babel, untuk anggaranya dihitung dulu, disesuaikan dengan kondisi lapangan, bisa sekitar Rp 2-3 Milyar,"pungkasnya.

Lebih jauh Noviar menjelaskan, kondisi jembatan secara struktur sebenarnya masih cukup baik, walaupun umurnya jembatan sudah cukup tua, dengan perkiraan dibangun tahun 1978.

"Tetapi kemungkinan karena debit air yang terlalu besar yang mengalir dibawah jembatan, bahkan sampai meluap diatas badan jembatan. Alur dan arah aliran sungai Nyireh juga sudah tidak normal, diduga terganggu akibat penambangan yang tidak dikelola dengan baik,"katanya (Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved