Breaking News:

Otomotif

Tips Mudah Cegah Tikus Bersarang di Mobil Saat Jarang Dipakai

Salah satu masalah yang perlu diwaspadai ketika mobil jarang dipakai adalah tikus yang bersarang di sekitar bagian mobil.

Ryan/GridOto.com
pakai kapur barus atau kamper 

BANGKAPOS.COM - Salah satu masalah yang perlu diwaspadai ketika mobil jarang dipakai adalah tikus yang bersarang di sekitar bagian mobil.

Kalau sampai ada tikus bersarang di mobil tentu bisa muncul kerusakan seperti kabel elektrikal atau jalur selang yang digigit tikus.

Sambil mengisi waktu senggang selama Work From Home (WFH), berikut tips mudah cegah tikus bersarang di mobil.

"Setidaknya panaskan mesin mobil secara rutin, minimal setiap tiga hari sekali supaya ada udara panas keluar," terang Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic kepada GridOto.com.

PT Timah Punya Utang Rp 8,79 Triliun, Jatuh Tempo Tahun Ini

Dengan begitu, udara di bagian terpencil seperti kolong mobil atau di balik bemper menjadi tidak lembab, dimana biasanya habitat tikus berada di tempat yang lembab dan dingin.

Komponen Karet Mesin Mobil Perlu Rutin Dibersihkan
Komponen Karet Mesin Mobil Perlu Rutin Dibersihkan (Radityo Herdianto)

Sambil memanaskan mesin, Anda bisa juga sambil mengemudikan mobil sekitar 10 hingga 15 menit.

"Supaya ada pergerakan dari mobil, selain mekanikal mobil tetap bekerja tikus juga enggan untuk bersarang di sekitar mobil," ujar Hermas.

Sebagai proteksi tambahan saat mobil sedang terparkir, Anda bisa taburi mobil dengan kapur barus atau kamper yang bisa dibeli di minimarket terdekat.

Letakkan di bagian terpencil yang bisa menjadi potensi tikus bersarang seperti di ruang mesin, kolong mesin, di balik bemper, atau sasis bawah mobil.

SUMBER: GridOto.com

Penulis: tidakada005
Editor: khamelia
Sumber: Otomotif Net
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved