Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Pahami Tiga Hal Ini Agar Bisa Jaga Kesehatan Mental Ketika di Rumah Aja

Saat pandemi Covid-19 memang sangat dianjurkan untuk tetap berada di rumah aja jika tidak ada sesuatu hal yang sangat mendesak.

Pahami Tiga Hal Ini Agar Bisa Jaga Kesehatan Mental Ketika di Rumah Aja
Bangkapos.com/Yuranda
Biro Psikologi Q-tha sekaligus Dosen Konseling Pendidikan Islam IAIN SAS Bangka Belitung, Siska Dwi Paramitha

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Saat pandemi Covid-19 memang sangat dianjurkan untuk tetap berada di rumah aja jika tidak ada sesuatu hal yang sangat mendesak.

Bekerja, belajar dan beraktivitas sehari-hari untuk tetap di rumah aja serta melakuakan social distancing dan physicial distancing.

Hal ini sebagai upaya pencegahan dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Biro Psikologi Q-tha sekaligus Dosen Konseling Pendidikan Islam IAIN SAS Bangka Belitung, Siska Dwi Paramitha mengaku tidak semua orang bisa dan terbiasa berada dirumah selama 24 jam dan berhari-hari bahkan mungkin bisa berbulan-bulan.

"Tentunya pasti akan muncul rasa jenuh dan bosan, secara psikologis saat seseorang mengalami kebosanan atau kejenuhan maka akan menjadi uring-uringan, mudah marah, sulit konsentrasi, lama kelamaan mulai merasa kekosongan pada diri bahkan hingga tidak berdaya,"kata Siska saat dihubungi bangkapos.com, Minggu (19/4/2020).

Dijelaskan olehnya, jika sudah sampai pada level ini maka orang tersebut mulai akan mengalami berbagai gangguan secara mental namun tentunya.

Ada tiga langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kebosanan dengan cukup mudah oleh setiap orang meliputi:

1. Pahami lebih dahulu bagian-bagian membosankan menurut anda, pada situasi yang seperti apa.

2. Perkuat kendali diri (locus of control), jangan biarkan kebosanan justru merusak keseharian anda.

3. Mulai alihkan perhatian anda kepada sesuatu hal yang bisa membuat lebih produktif. Dengan melakukan aktifitas yang menjadi hobi anda.

Hal-hal diatas tentunya bisa dilakukan semua dari rumah.

Belum Bisa Dipastikan Sampai Kapan Akses Penumpang via Pelabuhan Tanjungkalian Akan Dibuka

Selain itu ada beberapa kegiatan positif yang bisa dilakukan dirumah seperti membaca buku, melukis, menggambar, karoke bersama keluarga, bermain alat musik, mendengarkan berbagai musik favorit, memasak, bersih-bersih rumah atau kendaraan, senam atau relaksasi, dan masih banyak kegiatan lainnya.

Intinya adalah harus mampu mengefektifkan waktu saat berada dirumah, tidak hanya makan, tidur dan pegang gadget saja akan tetapi pacu diri agar tetap bisa produktif meskipun harus tetap berada dirumah. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved