Breaking News:

Ramadan 2020

Mengapa Melihat Hilal Jadi Penentu Awal Bulan Ramadan?

Selain menentukan awal bulan kalender Hijriyyah, hilal juga menentukan awal dua hari raya.

Bangkapos.com/Agus Nuryadhyn
Kakanwil Kemenag Bangka Belitung Dr H Muhammad Ridwan saat memantau hilal beberapa waktu lalu. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Ramadan 2020 sebentar lagi tiba. Umat muslim akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Ada dua metode penentuan awal bulan Ramadan di Indonesia, yaitu metode hisah dan rukyatul hilal. Kedua metode ini memiliki dasar masing-masing.

Sore ini, Kamis (23/4/2020) Pemerintah melalui Kementerian Agama RI akan menggelar sidang isbat penentuan 1 Ramadan 2020 dan Idul Fitri 1441 Hijriyah setelah melihat hilal.

Untuk menentukan awal bulan Ramadan serta dua hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, para ilmuwan dan pemuka agama Islam di dunia berkumpul untuk melihat hilal.

Apa itu hilal? Mengapa melihat hilal menjadi penentu dimulainya kalender Hijriyah? Sejak kapan praktek ini dilakukan, dan apakah Islam satu-satunya agama yang mempraktekannya?

Astronom amatir Marufin Sudibyo menyebutkan bahwa hilal adalah bulan sabit tertipis yang berkedudukan rendah di atas cakrawala langit barat, dan sudah diamati tepat selepas terbenamnya Matahari.

“Jadi terbenamnya Matahari menjadi patokan. Hilal menjadi penentu bagi awal bulan kalender Hijriyah karena sifatnya. Bilamana pada senja hari ini hilal terlihat, maka di senja hari sebelumnya hilal tidak akan ada di atas cakrawala langit Barat karena Bulan memang tidak ada di sana,” tutur Marufin kepada Kompas.com, Rabu (22/4/2020).

Mengapa melihat hilal?

Marufin menyebutkan bahwa melihat hilal dinyatakan secara tekstual dalam sabda Nabi SAW: “Berpuasalah (dan berhari raya) karena melihat hilal. Jika tidak terlihat, maka genapkanlah.”

Dengan landasan itu, maka rukyatul hilal (observasi hilal) dipahami sebagai ibadah. Selain menentukan awal bulan kalender Hijriyah, hilal juga menentukan awal dua hari raya.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved