Posisi Ban Harus Lurus Selama Mobil Parkir, Ini Alasannya

Tak sedikit pemilik mobil yang beranggapan saat parkir mobil, posisi ban harus lurus.

KOMPAS.com/M ZAENUDDIN
Aktivitas anggota Indonesia Mini Club (IMC) pada hari jadi ke-8 di area parkir gedung A Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (29/2/2020). Genap 8 tahun klub mini terbesar di Indonesia rayakan dengan konvoi dari Senayan ke Serpong. 

BANGKAPOS.COM - Tak sedikit pemilik mobil yang beranggapan saat parkir mobil, posisi ban harus lurus.

Hal tersebut dilakukan agar beberapa komponen pada mobil tidak mudah rusak, salah satunya seperti sistem power steering.

Namun apakah benar faktanya demikian.

Usut punya usut, ternyata hal tersebut tidak ada hubungannya.

Memakirkan mobil dengan posisi ban lurus hanya kebanyakan hanya karena alasa estetika.

"Posisi kemudi harus lurus saat parkit bertujuan agar mudah dipindah atau didorong. Apalagi kondisi Jakarta yang minim lahan parkir, banyak mobil yang pararel sehingga sering kali menutupi mobil lainnya," ucap Head Product Improvement/EDER Dept Techinical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Bambang juga menjelaskan dengan posisi parkir yang lurus tidak ada hubungannya dapat membuat komponen power steering lebih awet.

Hal ini lantaran mobil keluaran baru sudah mengusung teknologi electric power steering.

" Parkir dengan posisi ban lurus atau miring tidak akan ada pengaruhnya untuk mobil-mobil keluaran saat ini. karena mereka sudah menganut electric power steering (EPS),” ujar Bambang.

Menurut Bambanag, motor elektrik pada EPS mendapat tenaga listrik dari perintah electronic control unit ECU yang bekerja mengikuti perputaran mesin ketika mobil hidup atau dalam posisi menyala.

Halaman
12
Editor: suhendri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved