Berita Belitung

Asyiknya Menjaring Ikan Teri di Bagan,Kalau Sedang Panen Sekali Tarikan Bisa Setengah Ton

Para nelayan ikan teri di Kecamatan Simpang Pesak itu, umumnya mengandalkan bagan untuk memudahkan penangkapan ikan untuk produksi teri.

Posbelitung.co/Suharli
Menarik jaring bagan di Perairan Desa Dukong, Belitung Timur 

POSBELITUNG.CO-- Banyak nelayan yang mendiri bagan untuk menangkap ikan di laut. Termasuk juga para nelayan di Belitung Timur.

Di Perairan Desa Dukong, Belitung Timur  terlihat bagan para nelayan. Terkadang mereka juga menginap di bagan jika tangkapan ikan sedang panen.

Para nelayan ikan teri di Kecamatan Simpang Pesak itu, umumnya mengandalkan bagan untuk memudahkan penangkapan ikan untuk produksi teri.

Posbelitung.co, Rabu (22/4/2020) lalu, berkesempatan melihat proses penanggapan bahan ikan teri tersebut.

Sore itu berangkat bersama rombongan yang berjumlah empat orang berangkat dari Dermaga Dukong menuju bagan membutuhkan waktu sekitar 10 menit.

Bagan tancap nelayan di perairan laut Dukong, Belitung Timur.
Bagan tancap nelayan di perairan laut Dukong, Belitung Timur. (Posbelitung.co/Suharli)

Bagan umumnya terbuat dari kayu yang berada di laut, ada dua jenis bagan yang digunakan para nelayan, yakni bagan tancap dan bagan apung.

Bagan yang Posbelitung.co datangi merupakan jenis bagan tancap.

Bagian bingkai tengah bagan terdapat jaring yang sudah diikat dengan tali, Jaring inilah yang akan digunakan untuk menangkap ikan pada malam hari.

Saat malam tiba, rombongan nelayan bagan sudah mengambil posisi masing-masing sesuai tugasnya, lampu bagan mulai dinyalakan di permukaan dekat jaring.

Menurut Mustaghfiri Asror satu diantara nelayan bagan, cahaya dari lampu akan menarik perhatikan ikan. saat ikan-ikan sudah berkumpul, lampu akan dibuat redup Lalu, jaring pun diangkat.

Halaman
123
Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved