Virus Corona di Bangka Belitung

Didit Protes Pemprov Babel Tak Kunjung Salurkan Bantuan Sembako ke ODP dan PDP

Didit Srigusjaya mengaku kecewa terkait dengan belum diterimanya bantuan paket sembako oleh para orang dalam pemantauan (ODP) dan PDP

bangkapos.com/Ramandha
Ketua DPRD Provinsi Babel, Didit Srigusjaya ketika ditemui Bangkapos.com beberapa waktu lalu 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Didit Srigusjaya mengaku kecewa terkait dengan belum diterimanya bantuan paket sembako oleh para orang dalam pemantauan (ODP) yang menjalani karantina mandiri maupun pasien dalam pengawasan (PDP).

Menurut Didit, dengan adanya bantuan paket tersebut setidaknya dapat meringankan para ODP yang diketahui tidak dapat melakukan aktivitas di luar rumah, seperti bekerja dan lain-lain.

"Hasil temuan kita, memang belum ada ODP dan PDP di Babel kita mendapatkan bantun paket sembako yang dijanjikan pemerintah," jelasnya kepada Bangkapos.com, Sabtu (25/4/2020).

"Kalau ada sembako, ini kan agar ODP yang menjalani karantina mandiri di rumah dapat bener-benar menjalani karantina, tidak lagi keluar untuk mencari nafkah," lanjutnya.

Sementara untuk PDP dikatakannya, walau diisolasi di rumah sakit setidaknya bagi keluarga mereka yang dirumahkan butuh makan. Untuk itu, sembako yang dijanjikan pemerintah daerah itu sangat diperlukan.

Didit juga merasa heran melihat permintaan tentang kebijakan ini, sudah sejak satu bulan lalu oleh DPRD Babel agar segera dilaksanakan namun hingga saat ini belum terealisasi.

"Dana yang disediakan sebesar Rp 2 Miliar sudah tersedia. Lalu nunggu apa lagi," ucapnya.

Ia juga menuturkan pihanya juga mendapatkan info kalau sembako tersebut akan dibeli melalui salah satu BUMD Provinsi Bangka Belitung yang menurutnya kurang efektif.

"Sebaiknya Pemprov Babel melalui dinsos (dinas sosial) saja. Dinsos dapat membeli langsung ke pasar atau toko yang menyediakan sembako," ungkapnya.

Dengan berbelanja di toko masyarakat, disampaikan Didit juga akan berdampak ekonomi bagi masyarakat. Ketua DPRD Babel ini juga berharap agar Pemprov Babel merealisasi kebijakan penyaluran sembako tersebut.

"Jangan kita suru mereka (ODP) untuk tetap di rumah, tapi bantuan sembako yang kita janjian tak kunjung datang," pungkasnya.

(Bangkapos.com/Ramandha)

Penulis: Ramandha
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved