Breaking News:

Begini Cara Merawat Helm yang Bisa Dilakukan Sendiri

Pengendara sepeda motor wajib menggunakan helm sebagai standar keamanan. Tetapi lebih dari itu, helm juga butuh perawatan

KOMPAS.com/Aditya Maulana
Promo Helm Full Face di IMOS 2018. 

BANGKAPOS.COM - Pengendara sepeda motor wajib menggunakan helm sebagai standar keamanan.

Tetapi lebih dari itu, helm juga butuh perawatan untuk menjaga fungsinya tetap optimal.

Johanes Lucky, Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, helm sebaiknya dibersihkan minimal satu bulan sekali, namun jika dipakai setiap hari dapat dilakukan setiap minggu.

“Kenyamanan perlengkapan berkendara selaras dengan keselamatan. Gunakan helm SNI dan pastikan tetap cari aman dengan merawat perlengkapan berkala,” katanya dalam siaran resmi, Senin (27/4/2020).

Berikut 10 tips merawat helm sepeda motor agar tetap dalam kondisi prima:

1. Bersihkan lapisan luar helm berikut kaca helm jika sudah terlihat kusam atau terkena kotoran, debu atau hujan dengan kain serat halus atau kain micro fiber serta shampo atau sabun khusus perawatan helm.

Penggunaan kain dengan serat halus seperti kain micro fiber dapat mencegah lecet akibat proses pembersihan.

2. Hindari penggunaan pembersih kaca untuk membersihkan visor helm karena biasanya pembersih kaca mengandung amonia yang dapat merusak polikarbonat pada visor yang berdampak menurunnya tingkat kejernihan visor helm.

3. Gunakan cotton bud (kapas pembersih kuping) guna membersihkan bagian helm yang sulit dijangkau seperti lubang ventilasi pada helm yang bertujuan untuk menjaga sirkulasi udara pada helm agar tidak terhalang oleh kotoran.

4. Lapisan tengah helm cukup di lap dengan kain micro fiber kering dan hindari menyiram lapisan tengah dengan air karena dapat menurunkan kualitas daya redam sterofoam.

Halaman
123
Editor: suhendri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved