Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Di Tengah Pandemi Covid-19, Psikolog Sebut Rasa Cemas Berlebihan Dapat Timbulkan Dampak Psikologis

"Masyarakat dapat membagi permasalahannya dengan keluarga terdekat, dan bisa menghubungi psikolog untuk berbagi dan meringankan permasalahannya...,"

Istimewa/Chitra)
Psikolog/Dosen Psikologi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Chitra Fraghini 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Mengikuti perkembangan berita memang penting, terutama di tengah pandemi Covid-19.

Informasi tersebut merupakan wawasan baru bagi kita tentang bagaimana perkembangan dan pencegahan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Psikolog/Dosen Psikologi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Chitra Fraghini.

Akan tetapi, berita atau informasi negatif yang terus menerus diterima akan menimbulkan kekhawatiran bagi sebagian orang.

Ditambah lagi dengan adanya status baru yaitu OTG (Orang Tanpa Gejala) dengan jumlah yang tidak sedikit ini dapat menimbulkan dampak psikologis seperti kecemasan, stress, psikosomatis, dan obsesif Compulsif.

Dia mengungkapkan, sebaiknya menyikapi informasi dengan baik dan menjadikan kita lebih waspada.

"Selagi informasi yang kita dapatkan itu dari sumber yang terpercaya tidak perlu kita merasa terancam akan informasinya," ujar Chitra saat dihubungi Bangkapos.com, Selasa (28/4/2020).

Disampaikan Psikolog Chitra, jika tenyata ada masyarakat yang merasa terganggu secara psikis hingga fisik terhadap informasi yang ada, maka untuk sementara menghentikan untuk membaca berita.

"Masyarakat dapat membagi permasalahannya dengan keluarga terdekat, dan bisa menghubungi psikolog untuk berbagi dan meringankan permasalahan psikologisnya," tuturnya

Untuk mengatasi penyebaran Covid-19 ini, dirinya berharap agar masyarakat tetap disiplin dengan mengindahkan imbauan dari pemerintah untuk tetap beraktivitas dirumah saja.

"jika pun terpaksa keluar maka gunakan Alat pelindung diri seperti masker," ungkapnya (Bangkapos.com/Sela Agustika)

Penulis: Sela Agustika
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved