Breaking News:

Pemerintah Kabupaten Belitung Komitmen Penuhi Hak Dasar Kesehatan Warganya Melalui Program JKN-KIS

BPJS Kesehatan sebagai badan hukum publik bersama pemerintah baik itu pusat maupun daerah selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik

ist
PEMERINTAH KABUPATEN BELITUNG KOMITMEN PENUHI HAK DASAR KESEHATAN WARGANYA MELALUI PROGRAM JKN-KIS 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG – BPJS Kesehatan sebagai badan hukum publik bersama pemerintah baik itu pusat maupun daerah selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia secara umum.

Salah satu wujud komitmen pemerintah daerah dalam mendukung Program JKN-KIS adalah melalui pencapaian Universal Health Coverage di wilayahnya.

Kabupaten Belitung merupakan kabupaten pertama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berhasil mewujudkan Universal Health Coverage dan mendapatkan UHC Award di tahun 2018 silam.

BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang melaksanakan pertemuan bersama Bupati Belitung dalam rangka berkoordinasi dan menyampaikan informasi terkait layanan JKN-KIS di Kabupaten Belitung.

Pertemuan ini dilangsungkan di Rumah Dinas Bupati Belitung (27/04). Bupati Belitung, Sahani Saleh menyampaikan akan terus berkomitmen memprioritaskan hak dasar kesehatan warganya.

“Pemerintah Kabupaten Belitung akan tetap menjamin hak dasar kesehatan masyarakat Belitung. Itu merupakan komitmen dan visi misi kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Sanem, sapaan akrab beliau juga menyampaikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan yang telah bersinergi bersama mewujudkan Program Sehati yang telah diluncurkan Pemerintah Kabupaten Belitung pada awal tahun 2019. Program Sehati adalah sistem pelayanan kesehatan terintegrasi dengan BPJS kesehatan.

Program ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau.

“Program Sehati ini disandingkan dengan program JKN-KIS, Jika Program JKN fokus pada layanan kesehatan peserta yang memerlukan perawatan dan pengobatan, maka untuk Program Sehati ini berfokus pada penyediaan rumah singgah dan transportasi bagi peserta yang memerlukan rujukan keluar daerah Belitung,” tambahnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang yang diwakili oleh Kepala Kabupaten Belitung, Dicky Permana Putra menyampaikan pertemuan tersebut bertujuan untuk silahtuhrahmi sekaligus menginformasikan layanan JKN-KIS secara langsung kepada Bupati Belitung.

“Kabupaten Belitung merupakan kabupaten yang telah mencapai UHC di Provinsi Bangka Belitung, dengan capaian kepesertaan mencapai 97% dari total jumlah penduduk. Segmen terbanyak berasal dari peserta PBI APBD yang di jaminkan oleh Pemerintah Kabupaten. Kami sangat mengapresiasi hal tersebut,” tutur Dicky.

Dicky yang baru bertugas sebagai Kepala Kabupaten Belitung ini juga menyampaikan terkait peran BPJS Kesehatan dalam penugasan khusus pemerintah dalam penanganan Covid-19 dari segi verifikasi klaim yang dilayani di RS.

“Untuk wilayah Belitung ada satu RS Pusat Rujukan Covid-19 di wilayah Kabupaten Belitung yaitu RSUD Marsidi Judono, dan sedang dipersiapkan RS untuk proses verifikasi ke BPJS Kesehatan dan pembayaran dilanjutkan di Kementerian Kesehatan,” lanjutnya.

Ia berharap BPJS Kesehatan dapat bersinergi dan berkoordinasi dengan stakeholder dan fasilitas kesehatan secara baik.

“Kami harapkan koordinasi dan komunikasi dengan seluruh stakeholder dapat berlangsung baik sehingga permasalahan yang timbul dapat cepat teratasi bersama,” tutupnya. (RW/sa)

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved