Otomotif

All New NMAX Tenaga Diadu dengan Versi Lawas, Apakah Powernya Lebih Besar?

Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas berapa tenaga maksimal yang bisa dihasilkan oleh All New Yamaha NMAX di atas mesin dyno Mainline Dynolog milik

Fariz/otomotifnet.com
All New Yamaha NMAX diukur tenaganya di atas mesin dyno Mainline milik Farm Tuning 

BANGKAPOS.COM– Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas berapa tenaga maksimal yang bisa dihasilkan oleh All New Yamaha NMAX di atas mesin dyno Mainline Dynolog milik Farm Tuning.

Sudah dijelaskan juga mengapa ada perbedaan tenaga antara klaim pabrikan dengan dyno umum di bengkel biasa.

Itu karena saat tenaga diukur dari roda, ada kehilangan tenaga di kopling, gesekan ban dan sebagainya dibanding klaim pabrik yang diukur dari crankshaft.

All New NMAX sendiri mendapatkan update di sektor mesin seperti menggunakan piston R15 yang kepala pistonnya sedikit lebih tinggi, membuat perbandingan kompresinya menjadi 11,6:1.

Di area kepala silinder diameter kedua klep masuknya menjadi 20,5 mm atau lebih besar 1 mm dibanding NMAX generasi sebelumnya, begitu juga dengan diameter boks filter udara yang lebih besar.

Tercatat di atas mesin dyno milik Farm Tuning All New NMAX memiliki tenaga maksimal 9,35 dk pada 6.643 rpm dengan torsi 10,1 Nm di 6.583 rpm.

Sedangkan di mesin dyno yang sama, NMAX generasi sebelumnya memiliki tenaga maksimal 9,32 dk di 6.698 rpm dan torsi 9,9 Nm di 6.698 rpm.

Terdapat selisih tenaga yang tipis hanya 0,03 dk dan selisih torsi 0,2 Nm pada keduanya.

“Kalau lihat karakter tenaga keduanya ini beda banget. NMAX baru agak mengayun di putaran rendah habis itu baru melonjak naik, tapi jika dilihat nafasnya jadi lebih pendek."

“Kalau NMAX versi sebelumnya tenaga lebih flat tapi terus mengisi, jadi nafasnya lebih panjang,” sebut Muhammad Saiful Bahri dari Farm Tuning.

SUMBER: Otomotifnet.com 

Penulis: tidakada005
Editor: khamelia
Sumber: Otomotif Net
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved