Breaking News:

PESAWAT Lion Air Group Tunda Penerbangan Besok, Ini Jawaban Kemenhub

Lion Air telah membatalkan rencana operasional penerbangan dengan izin khusus rute domestik pada 3 Mei 2020.

TRIBUNJOGJA.COM
Ilustrasi pesawat Lion Air 

BANGKAPOS.COM – Lion Air telah membatalkan rencana operasional penerbangan dengan izin khusus rute domestik pada 3 Mei 2020.

Staf Khusus Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Bidang Komunikasi, Adita Irawati, menegeaskan sebelum adanya aturan turunan dari Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No 25 Tahun 2020, semua moda transportasi harus mengikuti aturan di Permenhub.

Menurut Adita, saat ini aturan yang berlaku merupakan larangan penggunaan sarana transportasi untuk keluar dan masuk wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), zona merah dan aglomerasi yang sudah PSBB, di semua moda transportasi.

"Artinya sebelum ada surat edaran mengenai turunan peraturan dari Permenhub 25/2020 ini, baik maskapai atau moda transportasi harus mengikuti peraturan yang berlaku hingga saat ini," ucap Adita saat dihubungi Tribunnews, Sabtu (2/5/2020).

Lanjut Adita, surat edaran ini nantinya melalui Dirjen Perhubungan Darat, Laut, Udara dan Perkeretaapian sebagai aturan turunan dari Permenhub 25/2020.

"Dan ini tindak lanjut terhadap usulan dari Kemenko Perekonomian untuk mengakomodir kebutuhan yang penting dan mendesak bagi masyarakat, agar perekonomian tetap dapat berjalan dengan baik dengan menyediakan transportasi penumpang secara terbatas, dengan syarat tetap memenuhi protokol kesehatan," kata Adita.

Saat ini Kemenhub sendiri belum menertibkan mengenai surat edaran tersebut, dan artinya peraturan mengenai transportasi masih menggacu pada Permenhub 25/2020.

Lion Air Group Batal Mengudara Besok, Ini Tanggapan Kemenhub

Kompas.com/ Fabian Januarius Kuwado
Staf Khusus Kementerian Perhubungan Bidang Komunikasi, Adita Irawati.

 

Dalam Permenhub 25/2020 ini mengatur pengendalian transportasi selama musim sudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. Dengan adanya aturan turunan tersebut, pemerintah tetap dengan tegas melarang kegiatan mudik untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Sementara itu menurut Lion Air, penundaan operasional ini karena dibutuhkan persiapan-persiapan yang lebih komprehensif.

"Hal itu agar pelaksanaan penerbangan tersebut tetap berjalan sesuai ketentuan berlaku serta memenuhi unsur keamanan dan keselamatan penerbangan, termasuk tidak menyebabkan penyebaran corona virus disease (Covid-19)," ucap Danang dalam keterangan resminya, Sabtu (2/5/2020). (*)

https://www.tribunnews.com/bisnis/2020/05/02/lion-air-group-batal-mengudara-besok-ini-tanggapan-kemenhub

Penulis: tidakada002
Editor: ediyusmanto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved