Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Pegawai Rumah Makan Seafood di Beltim Semula Digaji Bulanan, Kini Hanya Diupah Harian

Pegawai yang semula digaji bulanan menjadi upah harian dan dibayar saat ada tamu saja.

Ist pribadi
Rumah Makan Dua Putri Belitong di Pantai Serdang, Manggar. 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Warung Makan Dua Putri Belitong mengalami penurunan penjualan sebesar 80 persen semenjak adanya virus corona.

Warung yang berlokasi di Pantai Serdang Manggar ini sebagian besar pelanggannya adalah wisatawan yang berkunjung ke BelItung Timur.

Sejak corona, ditambah penerbangan dilarang menyebabkan tak ada wisatawan yang mampir sehingga makin membuat manajemen Dua Putri Belitong memutar otak bagaimana menyiasatinya.

"Alhamdulillaah kami tetap buka, tapi sistemnya reservasi dulu soalnya kalau seperti sebelum corona bisa rugi di bahan baku karena rata-rata kami menjual seafood," kata Owner Nur Fitri Anzani saat bercerita kepada posbelitung.co, Selasa (5/5/2020).

Pegawai yang semula digaji bulanan menjadi upah harian dan dibayar saat ada tamu saja.

Ia mengakui bahwa penjualan yang didapat tidak sebanding dengan biaya operasional warungnya, seperti biaya listrik, wifi, dan lainnya.

Namun ia masih tetap bertahan seraya berharap corona segera usai sehingga bisa mendatangkan wisatawan lagi ke Beltim.

Sementara itu yang terdampak berikutnya ialah Rumah Makan Fega. Warung ini sudah ditutup operasionalnya sejak medio bulan Maret lalu. Sebanyak 29 pegawainya juga sudah dirumahkan.

Owner RM Fega Primiyanti mengatakan sejak ditutup sudah tidak ada lagi penghasilan dari tempat makannya. Banyak travel yang biasa bekerjasama dengan tempat makannya pun menghentikan sementara karena tidak ada wisatawan yang berkunjung.

"Tapi ada beberapa pegawai yang masih kami pekerjakan karena untuk membersihkan lingkungan warung yang cukup luas. Selebihnya akan diarahkan supaya mendaftar ke disnaker agar mendapat bantuan," katanya.

Kebanyakan pelanggannya adalah wisatawan serta rombongan dinas. Semenjak ada corona yang tidak membolehkan membuat keramaian maka yang biasanya mengadakan seminar tidak lagi diadakan. Otomatis berdampak pada pemasukannya.

Ia berharap semoga corona ini segera hilang sehingga rumah makannya dan rumah makan yang lain bisa berjalan normal kembali.

(Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved