Breaking News:

Ramadan 2020

Enam Keistimewaan Malam Lalilatul Qadr, Nilai Amal Ibadah Lebih Baik dari 1000 Bulan

Keberadaan malam lailatul qadr sifatnya ghaib karena tidak diketahui secara pasti kapan Allah menghendakinya tiba

Penulis: Sela Agustika | Editor: Hendra
Dok/Ustaz Kurnia
Ustaz H Muhammad Kurnia, Lc., MA,Ketua Alumni Al Azhar Mesir, Bangka Belitung sekaligus Penceramah dan Dosen 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bulan Ramadan menjadi bulan yang istimewa, diantara keistimewan bulan Ramadan ini terdapat satu malam yang memiliki tempat spesial di sisi Allah yaitu malam lalilatul qadr.

Sebagaimana dijelaskan Ustaz H M Kurnia Lc MA, Ketua Alumni Al Azhar Mesir Bangka Belitung bahwa di antara kemuliaan bulan Ramadan yang Allah berikan kepada kita adalah dengan adanya satu malam istimewa, yaitu malam lailatul qadr yang bermakna malam penuh dengan kemuliaan.

Namun keberadaan malam lailatul qadr sifatnya ghaib karena tidak diketahui secara pasti kapan Allah menghendakinya tiba.

Akan tetapi banyak penjelasan oleh Para Ulama yang dikutip dari beberapa hadits Rasul bahwa keberadaan malam lailatul qadr itu ada pada malam 10 terakhir di bulan Ramadan.

Pada malam ini Allah lipat gandakan amal ibadah yang dikerjakan sehingga menjadikan nilainya lebih baik dari seribu bulan.

Allah Subhanahu Wata'ala berfirman;

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ, لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ، سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. (Q.S. al-Qadr [97]: 1-5)

Ada beberapa keistimewaan yang terdapat pada malam lailatul qadr, yaitu;

1. Malam penuh kemuliaan.

Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved