Breaking News:

Bukti Kehidupan di Mars, Air Pernah Mengalir di Planet Merah

Tim ilmuwan internasional telah menemukan bukti baru keberadaan sungai yang mengalir di permukaan Mars miliaran tahun yang lalu

Editor: Evan Saputra
Wheater
Penampakan permukaan Planet Mars dan Bumi dari atas. 

Bukti Kehidupan di Mars, Air Pernah Mengalir di Planet Merah

BANGKAPOS.COM - Tim ilmuwan internasional telah menemukan bukti baru keberadaan sungai yang mengalir di permukaan Mars miliaran tahun yang lalu.

Temuan ini pun menambah lagi wawasan dalam pencarian kehidupan kuno di Planet Merah.

Melansir dari Science Alert, Jumat (8/5/2020), para ilmuwan berhasil mengungkap bukti tersebut setelah menganalisis citra baru beresolusi tinggi dari kamera HiRISE yang terdapat di wahana antariksa NASA, Mars Reconnaissance Orbiter.

Citra tersebut diubah menjadi peta topografi 3D dari Hellas Bassin, salah satu kawah terbesar di tata surya yang terdapat di Mars.

Tim kemudian menemukan endapan sedimen setinggi sekitar 200 meter dan lebar 1,5 kilometer.

Di Bumi, batuan sedimen telah digunakan oleh ahli geologi untuk mengetahui kondisi planet di masa lalu.

Dengan bantuan teknologi, metodologi serupa ini lah yang diterapkan untuk menyelidiki kondisi Mars.

Dari Analisis, peneliti pun mengungkapkan untuk membentuk endapan setebal itu, butuh lingkungan yang mampu mempertahankan volume air mengalir yang signifikan.

Francesco Salese, penulis utama studi dari Universitas Utrecht mengungkapkan sungai-sungai yang membentuk sedimen ini terjadi selama puluhan hingga ratusan ribu tahun.

"Sayangnya kami tak memiliki kemampuan untuk melihat detilnya, tetapi kesamaan yang mencolok dengan batuan sedimen di Bumi menyisakan sedikit imajinasi," ungkap Salese. 

Jauh Sebelum Ditangkap Polisi, Roy Kiyoshi Pernah Ramal Banyak Artis Akan Terjerat Narkoba pada 2020

Para peneliti berharap jika temuan yang telah dipublikasikan dalam jurnal Nature Communication, itu dapat membantu studi-studi mengenai kehidupan kuno di Mars di masa mendatang.

"Ini adalah satu lagi potongan teka-teki dalam mencari kehidupan di Mars, memberikan wawasan baru tentang seberapa banyak air yang ada di lanskap kuno itu," tambah Joel Davis, peneliti lain yang terlibat dalam studi.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/08/190300723/air-pernah-mengalir-di-mars-bukti-kehidupan-di-planet-merah-

Tags
mars
air
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved