Breaking News:

Virus Corona

Ini Gejala Terkena Gangguan Mental Saat Pandemi Covid-19, Simak Juga 6 Cara Mengatasinya

Primalita Putri Distina membenarkan covid-19 memiliki dampak mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

ist//dok. Primalita
Dosen Prodi Psikologi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Primalita Putri Distina 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Saat pandemi Covid-19, kita dianjurkan untuk di rumah saja.

Hal ini sebenarnya berpotensi mempengaruhi kesehatan mental dikarenakan rasa takut akan virus corona bahkan bisa juga bosan karena tidak beraktivitas di luar.

Dosen Prodi Psikologi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Primalita Putri Distina membenarkan covid-19 memiliki dampak mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

"Beberapa penelitian juga menyebutkan hal demikian, adanya pengaruh pandemi covid-19 terhadap kesehatan mental. Kalau kita lihat, pandemi covid-19 ini kan sesuatu yang sangat besar, dan pemberitaan di media secara terus menerus membuat kita menjadi takut tertular virus," ujar Primalita saat dihubungi bangkapos.com, Jumat (8/5/2020).

Dijelaskannnya, kondisi ketidakpastian kapan pandemi ini berhenti pun membuat semakin cemas.

Selain itu, masyarakat harus physical distancing, yang awalnya terbiasa bertemu dan berinteraksi dengan orang lain kini harus dibatasi, sehingga ada jarak emosional dengan orang-orang yang selalu ada di sekitar.

Selain itu, masyarakat yang mesti di rumah saja juga bosan. Kondisi sudah jenuh dan bosan, kalau tidak bisa teratasi dengan baik dapat menimbulkan stres yang berdampak pada kesehatan mental dan fisik.

Gejala Terkena Gangguan Mental

Primalita menjelaskan kalau hanya sebatas takut, khawatir, cemas, dan stres itu kan reaksi yang normal, terutama di masa pandemi ini.

Tapi, kalau kita tidak bisa mengelola emosi-emosi negatif, akan ada kemungkinkan untuk berkembang menjadi gangguan mental.

Halaman
123
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved