Virus Corona

Kabar Baik Sekolah Libur Akan Segera Berakhir, Benarkah Indonesia Punya Cara Ampuh Lawan Covid-19

Kabar Baik Sekolah Libur Akan Segera Berakhir, Benarkah Indonesia Punya Cara Ampuh Lawan Covid-19

Shutterstock
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Wabah Covid-19 membuat sejumlah aktivitas terhambat. Satu di antara yang berdampak besar adalah sekolah yang diliburkan dan tak tahu kapan akan kembali masuk.

Baru-baru ini ada kabar baik tentang kebijakan yang akan diambil pemerintah terkait tutupnya sekolah, pasar dan mal.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Donny Gahral meluruskan informasi soal rencana pemerintah untuk kembali membuka mal, pasar, dan sekolah pada Juni mendatang.

Ia menegaskan, hal tersebut merupakan rencana yang baru direalisasikan jika ada kemajuan signifikan dalam penanganan pandemi virus corona ( Covid-19).

"Salah satu syaratnya adalah penurunan pasien positif selama 14 hari berturut turut sampai kemudian tak ada penambahan pasien positif lagi," kata Donny kepada Kompas.com, Sabtu (9/5/2020). 

Oleh karena itu, Donny menyebutkan, saat ini pemerintah berupaya keras agar penerapan status pembatasan sosial berskala besar (PSBB) bisa berjalan efektif.

Mulai dari bagaimana protokol kesehatan dijalankan, penegakan hukum dilakukan terukur, serta dipatuhinya larangan mudik.

"Apakah Juni sudah bisa dilonggarkan atau tidak, kita tidak tahu. Kita tak mau terjadi second wave (gelombang kedua)," kata Donny.

Sebelumnya, foto skenario pemulihan ekonomi Indonesia beredar luas dan diperbincangkan di jagat maya.

Foto tersebut menunjukkan timeline beroperasinya kembali berbagai sektor.

Halaman
1234
Penulis: Teddy M (tea)
Editor: teddymalaka
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved