Berita Pangkalpinang

Hingga Akhir Mei di Babel Masih Hujan, Berpotensi Disertai Petir dan Angin Kencang

Perkirakan masih terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Istimewa/dok. Dian Rasyid
Kawasan Bukit Tani yang tergenang banjir karena hujan deras mengguyur sejak pukul 13 00 Wib, Jumat (8/5/2020) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang memperkirakan akhir bulan Mei 2020 kondisi cuaca di Wilayah BangKa Belitung belum kondusif.

Perkirakan masih terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Kurniaji, Minggu (10/5/2020).

"Karena kita masih dipancaroba hingga akhir Mei, diprakirakan hingga akhir bulan ini, kondisi cuaca masih belum kondusif, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih terjadi, " kata Kurniaji.

Katanya, hujan sedang hingga lebat diprakirakan masih akan terjadi, hampir di seluruh wilayah Bangka Belitung, yang tidak jarang akan disertai petir dan angin kencang...

"Berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang – lebat, yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang, terjadi pada pukul 14.00 WIB," ujarnya.

Kata dia, Beberapa hari lalu, Babel sempat mendapatkan gangguan cuaca skala lokal berupa munculnya shearline (belokan angin) di wilayah Babel dan sekitarnya..

Fenomena ini menyebabkan perlambatan kecepatan angin sehingga potensi pembentukan awan awan konvektif atau awan hujan di Babel baik daratan maupun perairan menjadi sangat besar..

Walaupun pada hari ini, lanjutnya, terlihat dari analisis peta streamline (shearline) ini sudah tidak nampak. Namun pemanasan permukaan oleh radiasi matahari yang terjadi pada pagi hingga siang hari dan didukung oleh lemahnya kecepatan angin permukaan.

"Menyebabkan awan konvektif masih saja intens terbentuk di wilayah kita..hal ini bisa kita lihat sendiri dari banyaknya gugusan-gugusan, awan-awan cumulonimbus di sekitar langit Babel. Awan Ini yang menyebabkan hujan disertai petir dan angin kencang, " Jelasnya.

Wilayah yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan disertai kilat atau petir, Kecamatan Belinyu, Mendo barat, Simpang Katis, Sungaiselan, Namang, Airgegas, Kelapa kampit.

Kondisi ini juga dapat meluas ke wilayah Kecamatan Parit Tiga, Puding besar, Pangkalan baru, Koba, Lubuk besar, Simpang Rimba, Pulau besar, Toboali, Damar, Manggar dan sekitarnya.

Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul 16.15 WIB.

(Bangkapos.com/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved