Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Di Tengah Pandemi Covid-19, Pelaku UMKM Keretek Ampiang Wah-you Keluhkan Susah Cari Pesanan

Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) alami keterpurukan ditengah merebaknya wabah Covid-19.

Penulis: Sela Agustika | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Sela Agustika
Pelaku UMKM Keretek dan Ampiang Wah-you Mardina (38) 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) alami keterpurukan ditengah merebaknya wabah Covid-19.

Hal ini dirasakan oleh Mardina (38) pelaku UMKM Keretek Ampiang Wahyu yang telah menjalani usahanya kurang lenih selama 9 bulan.

Produk Keretek dan Ampiang miliknya dijual dengan harga Rp 8.000 per ons.

Dia mengatakan menjelang lebaran produk keretek dan ampiang miliknya sudah banyak yang order, bahkan mencapai kurang lebih 100 kg.

Namun hal ini justru sangat berbeda dirasakannya, di mana kurang lebih dalam kurun waktu tiga bulan semenjak wabah virus Covid-19 dirinya alami penurun omzet hampir 80 persen.

"Sekarang ini nyari pesanan sampai 50 kg saja susah. Untuk yang order tetap ada, tapi dalam jumlah yang sedikit. Biasanya beli 2 sampai 3 kg sekarang paling cuma pesan setengah kilo," keluhnya saat dikonfirmasi bangkapos.com, Senin ( 11/5/2020).

Produk UMKM Keretek dan Ampiang Mardina
Produk UMKM Keretek dan Ampiang Mardina (Bangkapos.com/Sela Agustika)

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dirinya terpaksa harus menggunakan uang tabunggannya selama ini karena tidak mempunyai usaha lain.

"Untuk makan kita pakai duit tabungan tapi karena udah berapa bulan ini tidak ada pemasukan jadi uang tabungan pun sudah habis," ungkap Mardina.

"Modal untuk usahapun sekarang sudah tidak mencukupi lagi jika ada yang pesan dalam jumlah banyak paling saya utang dulu ke warung," tambahnya.

Akan tetapi dirinya tak mengeluh dan terus melakukan strategi pemasaran melalui media online.

"Saat ini juga kita bisa menaruh produk UMKM kita ke Galery PLUT UMKM yang telah disediakan oleh pemerintah provinsi. Tentunya ini sangat membantu, terutama dalam mempromosikan Produk UMKM," ungkap Mardina.

"Mudah mudahan pandemi Corona ni cepat berlalu sehingga bisa beraktivitas seperti dulu lagi dan bisa memajukan UMKM biar bisa naek kelas," harap Mardina.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved