Gunakan Momen Pandemi Covid-19, China Caplok Pulau Hingga Cari Gara-gara dengan Jepang

China menggunakan momen pandemi Covid-19 menancapkan cengkrama militernya mengintimidasi tetangganya.

nhk
Setelah Merajalela di Laut China Selatan, China Cari Gara-gara dengan Jepang di Laut China Timur. Kapal penjaga pantai Jepang usir kapal penjaga pantai China di perairan Kepulauan Diaoyu (Senkaku), Laut China Timur, 2018 

Gunakan Momen Pandemi Covid-19, China Caplok Pulau Hingga Cari Gara-gara dengan Jepang

BANGKAPOS.COM- China menggunakan momen pandemi Covid-19 menancapkan cengkrama militernya mengintimidasi tetangganya.

Setelah mencaplok pulau-pulau di Laut China Selatan dan melarang nelayan negara lain melaut, kini China mencari gara-gara pada Jepang di Laut China Timur.    

Jepang mengatakan pihaknya mengerahkan patroli dan mengeluarkan peringatan kepada sekelompok kapal penjaga pantai China yang terlihat mengejar sebuah kapal nelayan Jepang di perairan Laut China Timur pada hari Jumat.

Dilansir dari South China Morning Post, Penjaga Pantai Jepang mengatakan bahwa empat kapal penjaga pantai China memasuki perairan dekat Kepulauan Diaoyu/Senkaku yang merupakan sekelompok pulau tak berpenghuni yang dikendalikan oleh Tokyo dan dikenal secara lokal sebagai Senkaku.

Pertarungan terjadi sekitar 50 menit kemudian, ketika dua kapal Tiongkok mulai mengejar kapal penangkap ikan Jepang di perairan sekitar 12 km barat daya Uotsuri, salah satu pulau terbesar dalam kepuluan itu.

Setelah agen maritim mengirim kapal patroli ke tempat kejadian dan mengeluarkan peringatan melalui radio, kapal-kapal China meninggalkan daerah itu.

Kapal penangkap ikan tersebut memiliki tiga anggota awak pada saat pengejaran tetapi tidak ada yang terluka.

Seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya dari penjaga pantai Jepang dikutip mengatakan bahwa "kami tidak berpikir bahwa peristiwa berbahaya telah terjadi".

Kepulauan Diaoyu/Senkaku, di Laut China Timur, pulau-pulau tak berpenghuni secara defakto dikuasai Jepang tapi diklaim China
Kepulauan Diaoyu/Senkaku, di Laut China Timur, pulau-pulau tak berpenghuni secara defakto dikuasai Jepang tapi diklaim China (kyodo)

Sebelumnya pada hari Jumat, Penjaga Pantai China mengatakan pada akun media sosial resmi Weibo bahwa armada kapalnya telah "berpatroli di perairan teritorial di sekitar Kepulauan Diaoyu".

Halaman
1234
Penulis: tidakada006
Editor: Evan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved