Virus Corona

Presiden Jokowi Beri 3 Kabar Gembira Soal Penyembuhan Covid-19, Akan Segera Disebar ke Rumah Sakit

Presiden Jokowi Beri 3 Kabar Gembira Soal Penyembuhan Covid-19, Akan Segera Disebar ke Rumah Sakit

Shutterstock
Ilustrasi Virus Corona di Indonesia 

BANGKAPOS.COM -- Presiden Joko Widodo mengabarkan tiga kabar baik tentang penyembuhan Covid-19 di Indonesia. Satu di antaranya adalah metode penyembuhan terbaru menggunakan plasma darah.

Kabar ini dibagikan Presiden Jokowi di akun Instagram miliknya. Jokowi menyampaikan ada kemajuan terkait pengujian plasma daerah.

"Saya mendapat laporan mengenai kemajuan pesat dalam pengujian plasma darah di Tanah Air yang nantinya akan dilakukan uji klinis berskala besar di beberapa rumah sakit untuk pasien Covid-19," kata Presiden Jokowi.

Ia mengatakan pengujian dengan menggunakan plasma darah dari pasien Covid yang telah sembuh tersebut merupakan salah satu dari sejumlah upaya untuk mencari formula yang tepat untuk menangani Covid-19.

Selain itu, pengujian sel punca (stem cell) juga dilakukan untuk mengupayakan perbaikan jaringan paru yang rusak akibat Covid-19.

"Kemajuan signifikan juga terjadi pada penelitian genome sequencing.

Ini tahapan yang sangat penting untuk menuju tahapan berikutnya untuk menemukan vaksin yang sesuai dengan negara kita," katanya.

Begitu juga upaya pengembangan alat tes PCR, alat tes diagnostik non-PCR, ventilator, serta unit laboratorium bergerak dengan bio safety level (BSL) 2 oleh Kementerian Riset dan Teknologi atau Badan Riset dan Inovasi Nasional.

"Seluruh upaya riset dan inovasi tersebut kita dukung sepenuhnya.

Saya minta inovasi-inovasi yang telah dilakukan ini dapat diproduksi secara massal sehingga kita tidak tergantung lagi pada produk-produk impor dari negara lain," katanya.

Saat ini sebanyak 14.265 kasus terkonfirmasi positif terjadi di Indonesia.

Sebanyak 10.393 pasien saat ini dirawat.

Jumlah pasien sembuh sebanyak 2.881 orang dan 991 orang meninggal dunia. (*)

Penulis: Teddy M (tea)
Editor: teddymalaka
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved