Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Stabilkan Harga Kebutuhan Pokok, Pemprov Bangka Belitung dan Satgas Pangan Adakan Pasar Murah

Pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Satgas Pangan menggelar Pasar Murah dan Operasi Pasar

Penulis: Yuranda | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Yuranda
Suasana Pasar Murah dan Operasi Pasar di Jalan Batin Tikal, tepatnya di Samping Sat Lantas Polres Pangkalpinang, Rabu (13/5/2020) 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Satgas Pangan menggelar Pasar Murah dan Operasi Pasar, untuk produk tertentu, Rabu (13/5/2020) di samping kantor Satlantas Polres Pangkalpinang.

Kegiatan ini digelar bertujuan untuk menstabilkan harga produk produk tertentu yang ada di masyarakat.

"Operasi pasar ini dengan tujuan untuk memacu agar kesabilan harga serta produk produk barang tertentu turun, masih mengalami harga tinggi di masyarakat," kata etua Satgas Pangan, sekaligus Dirkrimsus Polda Babel, Kombes Pol Haryo Sugiharto, Rabu (13/5/2020) di lokasi.

Mengapa memacu, kata Haryo, karena hingga saat ini harga komuditas barang tertentu dengan stoknya cukup banyak di gudang distributor, namun harga jual yang ada di masyarakat sangat tinggi.

"Objek sasaran kita adalah para pedagang, dengan harapan kesadaran para pengecer atau pedagang ini bisa menggelar kegiatan transaksi jual beli bisa dengan harga seimbang," jelas Haryo.

Sehingga produk tertentu terutama gula, gas elpiji 3 kg subsidi, harga bawang merah dan bawang putih, cabai, ikan segar dan beras dapat mencapai harga yang sebagaimana yang di atur HET yang ada.

Kenapa demikian, lanjutnya, sebagai contoh gula dengan harga acuannya Rp 12.500, namun dengan stok yang melimpah masih terjual dimasyarakat dengan harga Rp 17.000 hingga Rp 18.000.

"Sama halnya dengan gas elpiji dengan harga dasar HET Rp 15.900 hingga saat sampai di konsumen mencapai harga Rp 22 .000, ini lah yang menjadi kita menggelar operasi pasar," Jelasnya.

Suasana Pasar Murah dan Operasi Pasar di Jalan Batin Tikal, tepatnya di Samping Sat Lantas Polres Pangkalpinang, Rabu (13/5/2020)
Suasana Pasar Murah dan Operasi Pasar di Jalan Batin Tikal, tepatnya di Samping Sat Lantas Polres Pangkalpinang, Rabu (13/5/2020) (Bangkapos.com/Yuranda)

Tujuan operasi pasar ini selain menstabilkan harga,  sehingga masyarakat bisa merasakan harga yang sesuai dengan harga eceran tetap (HET).

"Stok cukup banyak yang ada di sini. Sedangkan gula sangat melimpah kita siapkan kurang lebih sekitar 4 ton," ujarnya.

Kemudian katanya, selain pasar murah pihaknya juga menggelar operasi pasar di pasar pembangunan khusus komuditas gula, dan juga di depan gedung Golkar, Tamansari, juga menggelar operasi pasar khusus elpiji 3 kg subsidi.

(Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved