Virus Corona di Bangka Belitung

Perusahaan yang Tak Mampu Bayar THR Harus Negosiasi dengan Pekerja

Perusahaan diingatkan untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) ke pekerja paling lambat tujuh hari sebelum hari raya tiba.

Ist/Tribunnews.com
Ilustrasi THR ASN atau PNS 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Perusahaan diingatkan untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) ke pekerja paling lambat tujuh hari sebelum hari raya tiba.

Ketentuan ini berdasarkan Surat Edaran yang dikeluarkan Wali Kota Pangkalpinang menyusul adanya edaran dari Menteri Ketenagakerjaan dan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Ketenagakerjaan Kota Pangkalpinang, Yan Rizana, mengatakan pihaknya sudah menyebarluaskan surat edaran ini kepada perusahaan-perusahaan.

Dalam surat tersebut pekerja yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan atau lebih, THR yang diberikan minimal satu bulan upah.

Sedangkan untuk dibawah masa kerja 12 bulan mendapatkan besaran dengan proporsional masa kerja dibagi 12 kemudian dikalikan satu bulan upah.

"Namun ada toleransi bagi perusahaan yang berdampak karena pandemi. Kalau mereka tidak sanggup bayar, silahkan negosiasi ke pekerjanya. Kapan akan membayar karena diwajibkan," tutur Yan, Senin (19/5/2020).

Dia mengatakan perusahaan yang tidak mampu membayar akibat Covid-19 harus melalui proses dialog atau musyawarah secara kekeluargaan yang dilandasi laporan keuangan internal perusahaan secara transparan.

Selain itu antara pengusaha dan pekerja harus menyepakati waktu yang ditentukan secara bertahap.

Sedangkan bagi perusahaan yang telah melakukan pembayaram THR, Yan mengatakan, harus segera mengirimkan tanda terima terlampir kepada bidang ketenagakerjaan.

Pihaknya juga membuka posko pelayanan mengenai pengefektifan pembayaran THR.

Pekerja boleh datang ke bidang ketenagakerjaan untuk menyampaikan aduan, pembinaan ataupun konsultasi.

Namun di tengah kondisi saat ini, tetap harus memperhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

(bangkapos.com/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved