Pentingnya Jaga Kesehatan Saluran Pernapasan Saat Puasa dan Pandemi Covid-19, Begini Kata Dokter

dr Annisa Rahmayuni mengatakan, pentingnya menjaga kesehatan saluran pernapasan di saat puasa dan pandemi Covid-19.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Dokter umum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah dr Annisa Rahmayuni 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dokter Umum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah dr Annisa Rahmayuni mengatakan, pentingnya menjaga kesehatan saluran pernapasan di saat puasa dan pandemi Covid-19.

Gangguan pernapasan adalah segala penyakit yang menyerang saluran pernapasan, dimulai dari hidung hingga paru-paru.

Penyebab gangguan pernapasan terutama karena infeksi yang biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri.

Selain itu, penyebab non infeksi bisa meliputi tumor, penyempitan saluran napas baik akut ataupun kronik, trauma, dan penyebab non infeksi lain.

"Untuk menghindari gangguan infeksi, maka yang harus dilakukan adalah menjaga stamina tubuh atau dengan kata lain meningkatkan kekebalan tubuh," ujar dr Annisa saat dikonfirmasi Bangkapos.com, Selasa (19/5/2020).

Bisa dilakukan dengan cara menjaga kesehatan pada umumnya seperti konsumsi air putih yang cukup, istirahat yang cukup, serta makan makanan yang bergizi.

Sedangkan untuk menghindari gangguan pernapasan non infeksi sangat luas seperti tidak merokok dan menghindari paparan debu serta zat-zat ainnya yang berbahaya bagi pernapasan.

"Saat puasa kita tetap bisa minum 8 gelas air putih perhari dengan minum 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa dan 4 gelas hingga sebelum tidur," jelas dr Annisa.

Selain itu tak dianjurkan langsung konsumsi ari es, meskipun air es sebenarnya tidak secara langsung menyebabkan gangguan tenggorokan.

Tapi dikarenakan konsumsi air es dapat memicu batuk, tidak disarankan untuk konsumsi es dulu saat terkena radang tenggorokan. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved