Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Terkait Kerumunan di Pusat Perbelanjaan, Ibrahim : Kesadaran Tripartit Penting Diterapkan

Jika tripartit ini bekerja sama, maka euforia berlebaran sebagai ciri khas masyarakat Babel tetap bertahan secara dinamis.

Ist/Ibrahim
Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB), Dr Ibrahim 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Menyikapi ramainya pusat perbelanjaan menjelang lebaran di saat pandemi covid-19, bahkan masyarakat seolah abaikan protokol kesehatan, misalnya tak gunakan masker dan berkerumun di tempat ramai.

Dosen FISIP UBB, Dr Ibrahim menanggapi hal tersebut.

Diakuinnya, ramadan kali ini memang beda dibandingkan tahun sebelumnya.

Awal-awal diberlakukannya kebijakan pembatasan atau lockdown terbatas, suasana horor langsung menyelimuti.

Tapi sepertinya tak butuh waktu lama bagi masyarakat Babel untuk merasakan aura horor tersebut karena beberapa minggu belakangan terasa abai pada covid semakin menjalar.

"Saya melihat ada beberapa penjelas. Pertama, Babel nyatanya tidak separah daerah lain. Meski jumlah positif corona bertambah, namun semua hampir sepakat bahwa kenaikannya tidak signifikan, pun clusternya tidak berkembang variatif," ujar Dr Ibrahim saat dihubungi bangkapos.com, Selasa (19/5/2020).

Lebih lanjut, ia menyebutkan kondisi ini menimbulkan aura 'biasa saja' sehingga covid sepertinya tidak lagi menyeramkan.

"Kedua, dasarnya orang Babel memang egaliter dan lebih terbuka, perasaan untuk percaya diri pada keamanan diri sendiri lebih tinggi sehingga kata 'tugil yang terukur' menurut saya lebih tepat untuk menggambarkan kondisi saat ini," lanjut Ibrahim

Pasar yang ramai jelang lebaran sepertinya tidak terhindarkan. Dorongan untuk berdamai dengan covid nampaknya lebih dulu dipraktikkan oleh warga sebelum pemerintah menganjurkan ini.

Di pasar-pasar, perilaku yang berorientasi pada pencegahan covid sebenarnya dilakukan. Penjaga tokoh umumnya menyiapkan fasilitas cuci tangan, juga masker dianjurkan.

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved