Breaking News:

Ramadan 2020

Empat Golongan Orang-orang yang Merugi Setelah Ramadan Berlalu, Ini Penjelasan Ustaz Kurnia

Berikut Golongan Orang-orang Yang Merugi Setelah Ramadan Berlalu menurut Ustaz H M Kurnia Lc MA

ist/dok.pribadi
Ustaz Kurnia 

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Momentum hari raya adalah hari yang dijadikan sebagai penyempurnaan untuk melebur dosa-dosa yang telah di perbuat.

Ustaz H M Kurnia Lc MA, Ketua Alumni Al Azhar Mesir, Bangka Belitung menjelaskan idul fitri menjadi sebuah pelajaran berharga bagi umat islam. 

Sebagaimana dinukil oleh Ibnu Rojab dalam Kitab Lathoiful Ma’arif beliau mengatakan:

لَيْسَ الْعِيْد لِمَنْ لَبِسَ الْجدِيْد إِنَّماَ اْلعِيْدُ لِمَنْ طَاعَاتُهُ تَزِيْد 

"Hari raya ‘id tidak diperuntukkan bagi orang yang memakai pakaian baru, tetapi hari raya ‘id diperuntukkan bagi orang yang semakin bertambah ketaatannya.”

لَيْسَ الْعِيْد لِمَنْ تَجَمَّلَ بِاللِّبَاسِ وَالرُّكُوْبِ إِنَّمَا العِيْدُ لِمَنْ غُفِرَتْ لَهُ الذُّنُوْب

“Hari raya ‘id tidak diperuntukkan bagi orang yang bagus pakaian dan kendaraannya, sesungguhnya hari raya Id diperuntukkan bagi orang yang diampuni dosa-dosanya.”

Ia menyampaikan momentum hari kemenangan adalah waktu yang tepat untuk memohon maaf kepada keluarga, sanak famili, sahabat dan handai taulan atas setiap khilaf dan salah yang pernah terjadi. 

Keberadaan Idul Fitri merupakan hasil dari ujian melatih dan menempa diri dalam ritual ibadah Ramadan. Karena hadirnya Ramadan dalam kehidupan telah memberikan pelajaran yang sangat berharga sebagai bekal untuk menggapai ridha Allah Swt. 

Baginda Rasulullah SAW telah menyampaikan kekhawatiran Beliau, bahwa akan ada dari golongan umat Islam ketika Ramadhan berlalu dari kehidupannya tetapi mereka tidak mendapatkan apa-apa, justru mereka mendapatkan murka Allah SWT. 

Halaman
1234
Penulis: Sela Agustika
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved