Kronologi dan Fakta Tenaga Medis di LAB BBTKLPP Cuti dan Tak Layani Uji Covid-19 Karena Mau Lebaran

Hitungan Hari Jelang Lebaran, Benarkah Tenaga Medis Lab BBTKLPP Cuti dan Tak Layani Uji Corona?

Freepik
Laboratorium tetap layani uji corona meski lebaran 

BANGKAPOS.COM -  Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri tahun ini tampak berbeda akibat pandemi virus corona.

Hingga Selasa (19/5), tercatat ada sekitar 18.010 orang dinyatakan positif Covid-19.

Kendati jumlah pasien positif Covid-19 semakin merangkak naik, namun belum lama ini santer tersiar kabar bahwa laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) akan tutup dan tak lagi melayani uji corona saat lebaran tiba.

Melalui unggahan pemilik akun Facebook Dona Hakam menuliskan terkait cuti para tenaga medis laboratorium analisis tersebut.

"Sehubungan hari raya Iedul Fitri 1441 H, dimohon untuk cuti menularkan sementara karena layanan tes sedang libur.

Juga banyak penduduk yang sedang mudik, bersilaturahmi dan bepergian ke sanak family. Terimakasih semoga bisa berdamai. #indonesiaterserah," tulisnya disertai lampiran surat edaran dari Kementerian Kesehatan RI.

Kabar ini sontak menghentak publik, lantaran kesal dengan alasan tenaga medis yang akan cuti saat lebaran Idul Fitri di tengah pandemi corona ini.

Melihat unggahan tersebut, Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto memberikan keterangan.

"Saya cek kebenaran surat ini. Instruksi saya jelas ‘tidak ada hari libur’ dalam penanganan Covid-19," kata Yurianto.

Lewat akun Twitter KemenkesRI, Kemenkes menegaskan BBTKLP Jakarta tetap memberikan layanan full setiap hari.

Bahkan pejabat yang menandatangani surat itu, Kepala BPPTKLPP Jakarta, Naning Nugrahani, memang sudah menarik pemberitahuan tersebut.

"Sehubungan dengan ramainya pemberitaan tentang pelayanan lab di BBTKLPP Jakarta, kami sampaikan bahwa BBTKLP Jakarta tetap memberikan layanan seperti biasa 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu," tulis KemenkesRI.

“Merujuk surat kami No UM.01.05/1.1/3692/2020, tanggal 15 Mei 2020, perihal: Surat Pemberitahuan Penerimaan Sampel, dengan ini kami beritahukan bahwa mengingat masih berlanjutnya pandemi COVID-19 dan pentingnya pemeriksaan sampel COVID-19, maka BBTKLPP Jakarta tetap melakukan pelayanan sebagaimana biasanya, yaitu penerimaan sampel 24 jam dalam sehari dan 7 hari seminggu,” demikian surat yang ditandatangani oleh Kepala BBTKLPP Naning Nugrahini.

Unggahan Kementerian Kesehatan RI
Unggahan Kementerian Kesehatan RI (Twitter)

Dengan adanya surat edaran tersebut, sudah dipastikan bahwa laboratorium uji corona akan tetap melayani meski hari libur ataupun hari raya Idul Fitri. (*)

Artikel ini sudah tayang di health.grid.id dengan judul: Hitungan Hari Jelang Lebaran, Benarkah Tenaga Medis Lab BBTKLPP Cuti dan Tak Layani Uji Corona?

Penulis: tidakada001
Editor: zulkodri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved