Breaking News:

Tips Otomotif

Tips Otomotif - Cara Merawat Aki Motor Saat Jarang Digunakan Selama Work From Home

Hal pastinya membuat kendaraan seperti sepeda motor yang biasanya digunakan untuk beraktivitas ke luar rumah, menjadi jarang dipakai.

IST
Nyalakan mesin motor selama beberapa menit saat motor tidak dikendarai untuk waktu lama, selama beberapa menit dalam sehari untuk menjaga agar aki tidak tekor. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA -

Wabah virus corona atau Covid-19 membuat masyarakat banyak beraktivitas di rumah, mulai dari belajar hingga bekerja dari rumah atau work from home karena adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah.

Hal pastinya membuat kendaraan seperti sepeda motor yang biasanya digunakan untuk beraktivitas ke luar rumah, menjadi jarang dipakai.

Meski demikian, sebagai pemilik, kita harus tetap kita jaga selalu prima agar tetap siap ketika akan digunakan kapan saja.

Salah satu komponen utama pada motor yang perlu dijaga selalu prima adalah aki. Aki bertugas menyimpan energi listrik dan digunakan untuk menghidupkan mesin sepeda motor.

Untuk merawat aki motor tetap prima, Astra Honda Motor (AHM) membagikan beberapa tipsnya:

1. Lakukan pemanasan mesin motor secara berkala, bisa sehari sekali.

Endro Sutarno, Technical Service Division AHM mengatakan, sebaiknya memanaskan sepeda motornya cukup selama 3-4 menit untuk menjaga kualitas aki sehingga tetap memberikan suplai arus listrik ke part komponen kelistrikan sepeda motor dan menyimpan energi listrik dengan baik.

2. Apabila ada aksesoris atau part modifikasi yang menggunakan energi
listrik, perlu diperhatikan saat proses pemasangan terutama berkaitan dengan sumber arus
listrik yang akan digunakan.

“Jika ingin memodifikasi seperti lampu, klakson ataupun part yang membutuhkan kelistrikan, perlu menambahkan sekring tersendiri untuk menghindari korsleting atau terputusnya arus listrik pada sepeda motor," ujar Endro, Minggu (10/5/2020).

Halaman
12
Penulis: tidakada003
Editor: teddymalaka
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved