Breaking News:

Ramadan 2020

Enam Adab Rayakan Idulfitri yang Baik Sesuai Ketentuan Islam, Ini Penjelasan Ustaz Kurnia

Perayaan hari idulfitri tinggal menghitung hari lagi. Hari ini disambut dengan gembira oleh seluruh umat Muslim setelah satu bulan berpuasa.

Penulis: Sela Agustika | Editor: Dedy Qurniawan
Bangkapos.com/Sela Agustika
Ustaz Kurnia 

BANGKAPOS.COM,BANGKA - Perayaan hari idulfitri tinggal menghitung hari lagi. Hari ini disambut dengan gembira oleh seluruh umat Muslim setelah satu bulan berpuasa.

Perayaan idulfitri ini ternyata juga sudah ada semenjak zaman Rasulullah.

Ustaz H M Kurnia Lc MA, Ketua Alumni Al Azhar Mesir, Bangka Belitung menjelaskan Rasulullah SAW. dan umat Islam pertama kali menggelar perayaan hari raya idul fitri pada tahun Kedua Hijriyah (624 M) atau usai melaksanakan Perang Badar yang terjadi pada bulan Ramadan.

Diawali dengan terbenamnya matahari terakhir bulan Ramadhan pertanda telah memasuki bulan Syawwal maka umat Islam akan mengumandangkan kalimat takbir, tahlil dan tahmid sebagai bentuk ungkapan kegembiraan dan kebahagiaan setelah usai melewati ujian diri pada bulan Ramadan.

"Inilah hakikat kemenangan yang Allah hadiahkan bagi insan beriman peraih predikat taqwa," ujar Ustaz Kurnia.

Begitu pula gema takbir digaungkan sebagai tanda penyempurnaan amaliyah Ramadhan tahun ini, dan juga tahun-tahun sebelumnya.

Allah SWT. telah berfirman:

"Walitukmilul ‘iddata walitukabbirullaha ‘ala ma hadakum wala’allakum tasykurun", artinya; "Dan hendaklah kalian mencukupkan bilangannya dan hendaklah kalian mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang telah diberikan kepada kalian agar kalian bersyukur." (QS. Al-Baqarah, ayat 185)

Disampaikan Ustaz Kurnia sebagai seorang Muslim, lebaran adalah momentum untuk saling menebar kebaikan.Maka idealnya harus dirayakan sesuai dengan ketentuan Islam dan tidak bertentangan dengan syari'at agama Allah.

Berikut ada beberapa adab dalam merayakan hari raya idul fitri dengan cara yang baik;

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved