Breaking News:

Advetorial

Luar Biasa, Pemkab Bangka Raih Opini WTP Empat Kali Berturut-Turut

Pemkab Bangka kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecu­alian dari Badan Pemeriksa Keuangan untuk Pengelolaan Keuangan Peme­rintah Daerah

ist
Diskominfo Bangka 

BANGKAPOS.COM - Pemkab Bangka kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecu­alian dari Badan Pemeriksa Keuangan untuk Pengelolaan Keuangan Peme­rintah Daerah Tahun 2019.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Ida Farida, SE, MM., Ak, CSFA,CA kepada Bupati Bangka, Mulkan di Ruang Auditorium BPK di Pangkalpinang, Rabu, 20 Mei 2020. Predikat WTP ini merupakan quattrick setelah sebelumnya Pem­kab Bangka juga mendapatkannya di tahun 2017 dan 2018 dan 2019.

Bupati Bangka, Mulkan, menyatakan bahwa meskipun ditengah keprihatinan pendemi covid 19, namun Ramadhan 1441 H tahun ini merupakan bulan penuh berkah dan prestasi bagi Pemkab Bangka.

“Setelah 30 April 2020 yang lalu, kami menerima Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik Indonesia dari Presiden, hari ini 20 Mei 2020, kami kembali meraih opini WTP dari BPK. WTP, bersama Sistem Akuntabilitas Ki­nerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Penghargaan Pembang­unan Daerah memang merupakan target utama yang harus kami capai di Tahun 2020. Alhamdlillah semua target tersebut bisa kami raih dengan sangat baik,” ungkap Mulkan.

Menurut Bupati bahwa opini ini merupakan pernyataan professional meng­enai kewajaran informasi keuangan Pemkab Bangka Tahun 2019 yang disajikan dalam laporan keuangan, yang memiliki kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

“Laporan keuangan yang kami sajikan benar-benar memberikan informasi yang akuntabel berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan. Kami menyelenggarakan prinsip akuntansi dengan baik dan menjadikan kejujuran, keikhlasan dan kerja keras sebagai panglima dalam pengelolaan pemerintahan daerah termasuk peng­elolaan keuangan. Dengan kejujuran dan keikhlasan, pengelolaan keuangan akan berada pada jalurnya dan terhindar dari kesalahan,” ungkap Mulkan.

Bupati Bangka, Mulkan mempersembahkan pencapaian WTP, SAKIP dan Penghargaan Pembangunan Daerah ini kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bangka.

“Sebagai bukti bahwa kami menjalankan roda peme­rintahan dengan baik. Kami menyampaikan terima­kasih kepada seluruh OPD, Forkominda dan seluruh stakeholders yang telah ber­kerja keras, bekerja cerdas dan bekerja cermat dalam mengelola pemerintahan daerah. Kita berharap kinerja ini bisa terus ditingkatkan dalam pengelolaan keuangan tahun-tahun berikutnya,” harap Mulkan.

Sekda Bangka, Andi Hudirman, menyatakan bahwa opini WTP yang diraih harus menjadi motivasi dalam meningkatkan kinerja, perbaikan sistem pengelolaan aset juga pelaporan pertanggungjawaban keuangan. Kedepan, penata kelolaan pemerintahan daerah harus lebih baik dengan melakukan pengelolaan aset dan barang, secara profesional dan sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang ada juga pela­poran keuangan yang tertib administrasi.

“Opini WTP ini harus sejalan dengan kinerja dan akselerasi terhadap pelayanan dan pembangunan,” ungkap Andi Hudirman

Halaman
12
Penulis: iklan bangkapos
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved