Militer China Sesumbar Gulung Taiwan Dalam dua jam, Amerika Langsung Berikan Alutsista

Setelah militer China sesumbar gulung Taiwan dalam dua jam, pendukung Taiwan, Amerika Serikat (AS) memberikan tambahan alutsista bagi Taiwan.

scmp
Sesumbar Invasi Taiwan dalam 2 Jam, Taiwan Punya Senjata yang Bikin Kapal Induk China Terancam. Kapal induk terbaru China Shandong 

Militer China Sesumbar Gulung Taiwan Dalam dua jam, Amerika Langsung Berikan Alutsista

BANGKAPOS.COM - Setelah militer China sesumbar gulung Taiwan dalam dua jam, pendukung Taiwan, Amerika Serikat (AS) memberikan tambahan alutsista bagi Taiwan.

Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah memberi tahu Kongres tentang kemungkinan penjualan torpedo terbaru pada Taiwan dengan nilai US$ 180 juta (Rp 2,66 triliun).

Ini sebuah langkah yang kemungkinan akan semakin memanaskan hubungan yang sudah tegang antara Washington dan Beijing, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayah China.

AS, seperti sebagian besar negara lain, tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Taiwan, tetapi terikat oleh hukum untuk memberi pulau demokrasi itu sarana untuk mempertahankan diri.

Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan AS (DSCA) mengatakan, Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui kemungkinan penjualan sebanyak 18 topedo MK-48 Mod 6 Advanced Technology Heavy Weight dan peralatan terkait senilai US$ 180 juta.

"Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan memberikan sertifikasi yang diperlukan untuk memberi tahu Kongres tentang kemungkinan penjualan tesebut," kata DSCA, Rabu (20/5), seperti dikutip Reuters.

Menurut DSCA, penjualan torpedo itu untuk melayani kepentingan nasional, ekonomi, dan keamanan AS, dengan mendukung "upaya berkelanjutan Taiwan untuk memodernisasi angkatan bersenjatanya dan mempertahankan kemampuan pertahanan yang kredibel".

Pengumuman penjualan torpedo itu keluar pada hari yang sama pelantikan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen untuk masa jabatan keduanya, dengan mengatakan, dia sangat menolak klaim kedaulatan China.

Kru kapal selama Amerika memuat torpedo MK 48 (facebook)
Kementerian Pertahanan dan Kementerian Luar Negeri Taiwan berterima kasih atas pengumuman tersebut, mengatakan bahwa itu menunjukkan AS konsisten dalam membantu Taiwan untuk mempertahankan diri.

Halaman
1234
Penulis: tidakada006
Editor: Evan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved