Breaking News:

Ramadan 2020

Penjelasan Ustaz Yuda Memaknai Hari Lebaran dan Tradisi Silaturahmi di Tengah Pandemi Covid-19

Ustaz Yuda Abdurahman menjelaskan bagaimana memaknai hari lebaran dan tradisi silahturahmi di tengah Covid-19.

Ist/Ustaz Yuda
Ustaz Yuda Abdurahman 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Tak terasa sebentar lagi Ramadhan akan meninggalkan kita, dan hari kemenang yang dinanti segera datang.

Ustaz Yuda Abdurahman menjelaskan bagaimana memaknai hari lebaran dan tradisi silahturahmi di tengah Covid-19.

"Semoga Allah masih pertemukan kita dengan bulan Ramadhan di tahun depan, juga semoga Allah terima semua amal ibadah kita selama Ramadhan, dan Allah sempurnakan pahala bagi kita. Serta ampuni dosa kita, sehingga kita kembali bersih dari dosa di hari yang Fitri nanti, Aamiin," ujar Ustaz Yuda, Jumat (22/5/2020).

Dikatakannya, bahwa diantara amalan yang sunnah dan umum diamalkan oleh kaum muslimin di hari raya Idul Fitri adalah silaturahim.

"Mengunjungi kerabat untuk mempererat hubungan kekeluargaan, mengikat kasih sayang, dan mencairkan kembali hubungan yang mungkin sempat renggang,"tuturnya.

Ini merupakan hal yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bahkan menjadi sebab kemudahan kita masuk kesurganya Allah Azza wa Jalla.

Sebagaimana yang dijelaskan pada. Hadits berikut:

وَعَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ سَلَّامٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( يَا أَيُّهَا اَلنَّاسُ! أَفْشُوا اَلسَّلَام وَصِلُوا اَلْأَرْحَامَ وَأَطْعِمُوا اَلطَّعَامَ وَصَلُّوا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ تَدْخُلُوا اَلْجَنَّةَ بِسَلَامٍ ) أَخْرَجَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ وَصَحَّحَهُ

Dari Abdullah Ibnu Salam bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:
"Wahai manusia sebarkanlah ucapan salam, hubungkanlah tali kekerabatan (silaturahim), berilah makanan, dan sholatlah pada waktu malam ketika orang-orang tengah tertidur engkau akan masuk surga dengan selamat."
(Hr. At-Tirmidzi, ia berkata shohih)

Semua amalan yang diajarkan Rasulullah shalallahu alaihi wa salam pada hadits di atas, dapat kita temui pada perayaan hari raya Idul Fitri, mulai dari memberi ucapan salam, bersilaturahim, dan saling memberi makanan.

Halaman
123
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved