WIKI Bangka

WIKI Bangka: Alami Gangguan Metabolisme Tubuh yang Lambat, Berikut 4 Cara Meningkatkannya

Saat metabolime tubuh bermasalah, tentunya kita akan merasa tidak nyaman.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Dokter Umum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah dr Annisa Rahmayuni 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Metabolisme adalah proses pengolaan zat makanan yg telah diserap oleh tubuh untuk diubah menjadi energi.

Dokter Umum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah dr Annisa Rahmayuni mengungkapkan metabolisme tubuh manusia dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, ukuran dan komposisi tubuh, kemampuan tubuh mengolah makanan (thermogenesis), serta aktivitas fisik dan olahraga.

Saat metabolime tubuh bermasalah, tentunya kita akan merasa tidak nyaman. 

Dikatakan dokter Annisa, satu diantarnya gejala orang yang mengalami gangguan metabolisme yaitu sulitnya naik atau turunnya berat badan.

"Adapun gejala lainnya seperti letih dan lesu, berat badan berkurang atau justru bertambah, nafsu makan berkurang, keterlambatan perkembangan fisik, berat badan sulit meningkat, dan lainnya," ujar dokter Annisa, Jum'at (22/5/2020).

Metabolisme tubuh yang lambat sering kali membuat seseorang lebih cepat gemuk.
Dilansir dari Kompas.com, berikut 4 cara meningkatkan metabolisme tubuh untuk Anda yang merasa memiliki metabolisme tubuh yang lambat.

1. Perbanyak konsumsi protein

Tubuh mencerna protein melalui serangkaian proses yang menuntut energi lebih banyak. Ini berarti tubuh perlu membakar lebih banyak kalori untuk menghasilkan energi yang lebih banyak demi mencerna protein.
Konsumsi makanan tinggi protein bis  jadikan cara tingkat metabolisme tubuh, yang terbukti tiga kali ebih efektif dibandingkan karbohidrat dan lemak.
Konsumsi protein saat Anda sedang diet juga bisa membantu Anda mengatasi lapar berlebih dan mencegah hilangnya massa otot yang merupakan efek samping dari diet yang Anda lakukan.

Adapun makanan yang mengandung protein yang dapat dikonsumsi yaitu telur, daging, ikan, kacang almond, dan lain-lain.

2. Minum teh hijau

Halaman
12
Penulis: Sela Agustika
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved