Dua Pria Ini Raup Rp 200 Juta Hanya Modal Benda Ini, Tapi Naas Berhasil Ditangkap Polisi

Komplotan tersebut mampu mengumpulkan uang sebesar Rp200 juta dari korban yang berasal dari sejumlah nasabah bank yang berbeda.

(KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA)
Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol. Auliansyah Lubis saat gelar perkara di Mapolrestabes, Semarang, Jumat (22/5/2020). 

BANGKAPOS.COM, SEMARANG, -- Dua pria Darsono (44), warga Tambun Selatan, Jawa Barat, dan Syafrizal (42) warga Serang, Banten ditangkap Polrestabes Semarang.

Keduanya ditangkap terkait aksi pencurian modus ganjal mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

Keduanya beraksi hanya bermodalkan tusuk gigi, batang korek api dan gergaji besi berukuran kecil.

Komplotan tersebut mampu mengumpulkan uang sebesar Rp200 juta dari korban yang berasal dari sejumlah nasabah bank yang berbeda.

"Mereka mengincar korban dengan cara seolah-olah memberikan pertolongan. Saat kartu ATM korban tertelan, mereka memberikan kartu ATM yang lain. Lalu kartu ATM yang tertelan diambil setelah sebelumnya mereka bagi tugas ada yang mengincar PIN ATM korbannya," jelas Kapolrestabes Semarang Kombes Auliansyah Lubis saat gelar perkara di Mapolrestabes, Semarang, Jumat (22/5/2020).

Auliansyah mengatakan komplotan ini telah beraksi di 18 lokasi seantero Semarang sejak Januari 2020.

Syafrizal mengaku biasanya melancarkan aksinya saat kondisi pengamanan lengah dan terakhir kali beraksi di SPBU Kedungmundu.

"Waktunya tidak tentu, lebih sering beraksi di siang hari saat pengamanan di ruang ATM lengah. Hasil uangnya dibagi dua," kata Syafrizal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bermodal Tusuk Gigi dan Korek Api, Penipu Ini Raup Rp 200 Juta dari Sejumlah Korban",

Editor: Hendra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved