Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Pemkab Bangka Tak Menggelar Takbir Keliling dan Open House Lebaran

Pemkab Bangka tidak menggelar kegiatan Takbiran Keliling seperti biasa dilakukan setiap malam lebaran.

bangkapos.com/Edwardi
Bupati Bangka Mulkan didampingi Kapolres Bangka AKBP Widi Heryawan dan Kajari Bangka Rielke Jeffry Huwae. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Perayaan Idul Fitri 1441 H kali ini saat pandemi Covid-19, Pemkab Bangka tidak menggelar kegiatan Takbiran Keliling seperti biasa dilakukan setiap malam lebaran.

Selain itu juga tidak ada kegiatan resmi open house yang dilaksanakan di rumah dinas Bupati dan Wakil Bupati Bangka sebagaimana biasanya setiap lebaran.

"Untuk kegiatan Takbir Keliling malam menyambut lebaran tahun ini ditiadakan," kata Mulkan usai pemberian paket lebaran di RSUD Depati Bahrin Sungailiat, Sabtu (23/05/2020).

Selain itu juga meniadakan atau tidak menggelar Salat Ied di masjid-masjid dan lapangan secara berjamaah.

"Kita juga mengimbau masyarakat untuk melaksanakan Salat Ied di rumah masing-masing baik secara berjamaah maupun sendirian," ujar Mulkan.

Sementara Kapolres Bangka AKBP Widi Heryawan menambahkan sesuai kesepakatan bersama Forkopimda tingkat provinsi dan kabupaten, terkait pengamanan lebaran ini tetap dilaksanakan.

"Untuk pelaksanaan Salat Ied tidak dilarang hanya saja masyarakat diimbau agar dilaksanakan di rumah saja," kata Widi.

Namun apabila ada masyarakat masih tetap ingin melaksanakan di masjid-masjid dan lapangan, maka pelaksananya harus menerapkan aturan protokol penanganan penyebaran penularan wabah Covid-19 ini.

" Harus melakukan jaga jarak atau social distancing, memakai masker dan selesai salat segera pulang ke rumah tanpa perlu melakukan kegiatan silahturahmi lagi," harap Widi.

Pada malam hari nanti bersama Bupati Bangka dan Forkopimda Bangka akan mengecek beberapa masjid yang akan melaksanakan Salat Ied nanti untuk memastikan penerapan protokol mencegah penyebaran Covid-19.

"Kita sifatnya hanya mengimbau saja, kalau kesadaran masyarakat saat ini begitu diberikan kelonggaran sedikit maka banyak yang sudah lupa dengan aturan protokol penanganan penyebaran penularan wabah Covid-19 ini, Kita temukan di jalan-jalan, di pasar banyak yang tidak memakai masker, aturan jaga jarak juga banyak dilanggar apalagi saat berbelanja," imbuh Widi.

Untuk pengamanan lebaran ini seluruh personil Polres Bangka diturunkan dengan sistem pembagian personil, juga ada bantuan dari Satpol PP, TNI dan organisasi kemasyarakatan.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved