Idul Fitri 1441 H

Amalan Sunnah Sebelum Shalat Idul Fitri : Mandi, Memotong Kuku hingga Makan Sebelum Shalat Ied

Ada beberapa amalan sunnah yang bisa dilakukan saat berada di hari raya Idul Fitri atau menjelang pelaksanaan shalat Idul Fitri.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Idul Fitri 1441 Hijriah 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Idul Fitri adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia.

Ustaz H M Kurnia Lc MA, Ketua Alumni Al Azhar Mesir, Bangka Belitung mengatakan hakikat Idul Fitri adalah puncak kemenangan bagi orang-orang yang berhasil menuntaskan ibadah di bulan Ramadan.

Kebahagian umat Islam diekspresikan melalui kumandang takbir, tahlil dan tahmid sebagai bentuk pengagungan kepada Allah Ta'ala dan wujud rasa syukur karena masih diizinkan Allah menikmati sajian kemenangan di hari idul fitri.

Saat matahari terbenam di hari terakhir Ramadan, itulah awal permulaan menyambut hari raya Idul Fitri. Di satu sisi hati kita bersedih karena akan berpisah dengan Ramadan, meskipun ia akan kembali lagi di tahun-tahun yang akan datang namun belum ada jaminan apakah masih diizinkan Allah atau tidak berjumpa dengan Ramadan yang mulia.

Disisi lain hatipun merasa bahagia dan gembira menyambut hari kemenangan sebagai puncak dari proses penempaan diri bagi orang-orang beriman yang berhasil melewati Ramadan dengan banyak amal kebaikan, dan yang terpenting adalah berhasil memperoleh ampunan dari Allah Ta'ala.

Ada beberapa amalan sunnah yang bisa dilakukan saat berada di hari raya Idul Fitri atau menjelang pelaksanaan shalat Idul Fitri, di antaranya;

1. Mandi dan memotong kuku

Dalam hadits riwayat Ibnu Majah, Nabi Muhammad SAW. bersabda, dan dari sahabat Abdullah bin Abbas raliyallahu 'anhuma, ia berkata;

"Bahwasannya Nabi sallallahu 'alaihi wa sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha."

Mandi sebelum melaksanakan shalat 'id adalah kebiasaan Nabi yang bertujuan untuk menjaga kesucian fisik dan jasmani, begitu pula dengan memotong kuku dan merapikan bulu yang ada pada tubuh, semuanya ditujukan agar tubuh menjadi lebih bersih dan rapi sebelum melaksanakan shalat 'id.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved