Masjid An Nur Sungailiat Gelar Salat Ied dengan Terapkan Protokol Covid-19 (VIDEO)

Masjid An Nur Sungailiat Gelar Salat Ied dengan Terapkan Protokol Covid-19

BANGKAPOS.COM -- Sejak subuh suara gema takbir terdengar nyaring dan merdu dari pengeras suara masjid-masjid di Kota Sungailiat Kabupaten Bangka.

Meskipun ada himbauan pemerintah agar masyarakat melaksanakan Salat Ied di rumah saja berjamaah dengan anggota keluarga ataupun sendirian, namun di sisi lain sejumlah masjid tetap mempersiapkan dan melaksanakan Salat Ied Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Pantauan Bangkapos.com seperti Masjid An Nur Sungailiat di Jalan Jenderal Sudirman Sungailiat juga melaksanakan Salat Ied berjamaah dengan menerapkan protokol Covid-19, yang dengan melakukan pemeriksaan suhu tubuh para jamaah yang akan menunaikan Salat Ied dengan Thermo Gun.

Dalam kegiatan ini dilakukan pengamanan oleh anggota Polri, TNI dan pengurus masjid.

Pengurus masjid juga menyediakan hand sanitizer yang disemprotkan pengurus masjid kepada setiap jamaah yang akan masuk ke dalam masjid, juga menyediakan/memberikan masker bagi jamaah yang tidak memakai masker.

Jamaah laki-laki salat di dalam masjid sedangkan jamaah perempuan di halaman masjid menggunakan tenda yang sudah disiapkan pengurus masjid.

Memang terlihat jumlah jamaah yang menghadiri Salat Ied kali ini tidaklah sebanyak jamaah saat Salat Ied tahun-tahun sebelumnya atau sebelum ada bencana non alam wabah pandemi Covid-19 saat ini.

Sekretaris Masjid An Nur Sungailiat, Dedi mengatakan pelaksanaan Salat Ied dimulai tepat pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai.

" Di dalam masjid kita meminta para jamaah untuk menjaga jarak dan tetap memakai masker, tidak boleh berjabat tangan atau saling bersentuhan," kata Dedi.

Dedi mengatakan guna mendapatkan ridho dan pertolongan dari Allah SWT agar terhindar dari Covid-19, maka pengurus masjid mengimbau para jamaah harus membawa sajadah sendiri, tidak berjabat tangan dan tidak mengusapkan tangan ke wajah ketika selesai salat dan berdoa.

"Bagi jamaah yang batuk pilek, flu dan merasakan kondisi badan kurang fit sebaiknya salat di rumah saja," ujar Dedi.

Diharapkannya bagi anak-anak dan lansia untuk sementara waktu tidak salat di masjid.

"Mencuci tangan pakai sabun sebelum dan selesai melaksanakan salat," tukas Dedi.

Bertindak selaku imam dan khotbah Salat Ied di Masjid An Nur yakni Ustadz Abdurrouf, imam Masjid An Nur.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Tomi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved