Berita Pangkalpinang

Gugus Tugas Babel Sudah Keluarkan 211 Surat Rekomendasi, Ini Penjelasan Juru Bicara

Surat rekomendasi perjalanan yang dikeluarkan itu dengan rincian 108 orang menggunakan jalur udara, dan akses jalur laut sebanyak 103 orang

Bangkapos.com/Riki Pratama.
Juru Bicara Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Bangka Belitung, Andi Budi Prayitno. -- 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --Juru Bicara Penanganan Covid-19 Babel, Andi Budi Prayitno, menjelaskan terkait jumlah surat rekomendasi perjalanan yang telah dikeluarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Babel selama 16 April hingga 23 Mei 2020 sebanyak 211 surat.

Surat rekomendasi perjalanan yang dikeluarkan itu dengan rincian 108 orang menggunakan jalur udara, dan akses jalur laut sebanyak 103 orang.

Budi, mengatakan tercacat dari 211 surat rekomendasi yang dikeluarkan tersebut, sebanyak tujuh surat untuk tujuan dan kepentingan terkait Covid-19.

Baca juga: Gugus Tugas Bangka 2 Hari Telusuri Kabar Pasien Covid-19 Meninggal Dunia, Ini Hasilnya Kata Boy

Seperti pembelian atau pengambilan alat pelindung diri dan untuk pelayanan kesehatan darurat seperti pengobatan dan penyeberangan jenazah sebanyak 66 surat.

"Lalu ada 17 surat untuk alasan kemanusiaan seperti menikah dan istri melahirkan, 21 surat untuk tujuan pengamanan, keamanan, 24 untuk perjalanan dinas instansi pemerintah,lembaga negara seperti pengantaran spesimen swab untuk pengujian RT PCR,"ujar Budi, Senin (25/5/2020).

Selain itu, sambungnya terdapat 48 surat untuk perjalanan swasta seperti perbankan, dan 28 atas permintaan kepala daerah untuk kepentingan percepatan penanganan Covid-19 seperti pengambilan dan penjemputan rapid test kit.

Baca juga: Kisah Pelayar Asal Latvia Hendak Pecahkan Rekor Keliling Dunia, Terdampar Kehabisan Makanan di Laut

"Kita tentunya melakukan tugas dan fungsi pengetatan terhadap siapa saja yang akan bepergian khususnya ke luar Babel dengan tidak memberi kelonggaran kepada siapa pun untuk tujuan mudik,"harapnya.

Dia menambahkan, sesuai petunjuk teknis sebagaimana surat edaran nomer 4 Tahun 2020, surat rekomendasi yang dikeluarkan GTPPC Babel tersebut tidak berarti Tim Gugus memberikan kelonggaran atau membuka peluang kepada masyarakat dan penumpang umum untuk melakukan perjalanan, apalagi untuk tujuan mudik.

"Karenanya GTPPC Babel tidak dengan mudah serta sembarangan dalam mengeluarkan surat rekomendasi untuk bepergian atau melakukan perjalanan ke luar Provinsi Babel,"tegasnya.

Baca juga: Mulai Besok ASN di Pangkalpinang Masuk Kerja, Tapi Sistem WFH

Budi menegaskan saat ini tim Gugus selalu berkoordinasi berdasarkan petunjuk dari GTPPC Nasional/Pusat.

Terutama merujuk kepada pedoman yang berlaku yakni Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Gugus Tugas Percepatan Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

(Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved