Berita Pangkalpinang

Konsumsi Makanan Mengandung Gula, Garam, dan Lemak Tinggi, Ini Bahayanya Bagi Kesehatan

Ia mengungkapkan konsumsi makan-makanan seperti kue, bakso dan lainnya hanya sebagai sampingan saja dan jangan konsumsi dalam jumlah besar.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Dokter umum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah dr Annisa Rahmayuni 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sesi santap makanan menjadi satu kebiasaan selama lebaran.

Makanan bersantan, daging-dagingan, kue tinggi gula, dan lainnya menjadi menu khas yang dihidangkan.

Akan tetapi makanan ini cenderung mengandung gula, garam, dan lemak yang tinggi.

Dokter Umum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah dr Annisa Rahmayuni mengatakan konsumsi makanan yang mengandung gula, garam, dan lemak yang tinggi dalam jumlah berlebihan tidak baik untuk kesehatan.

"Terutama bagi yang sudah memilkki penyakit diabetes, kolesterol, dan darah tinggi harus sangat waspada. Dampaknya tentu bisa memperparah penyakit," ujar dokter Annisa

"Untuk yang tidak memiliki penyakit, konsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang berlebihan bisa sebabkan masalah pencernaan, pusing, ketidakseimbangan gizi, dan lainnya," tambahnya, Selasa (26/5/2020).

Ia mengungkapkan konsumsi makan-makanan seperti kue, bakso dan lainnya hanya sebagai sampingan saja dan jangan konsumsi dalam jumlah besar.

"Tetap konsumsi makanan utama seperti nasi, gandum, beserta sayur dan lauk yang tidak bersantan, serta tidak mengandung minyak dan lemak yang berlebihan," kata dr Annisa.

Ia menuturkan bagi yang telah memiliki penyakit bisa konsultasi dengan ahli gizi masing-masing atau sesuai saran dokter,

"Untuk menghindari dampak buruk bagi kesehatan konsumsi makan bersantan harus dibatasi, hindari minum-minuman manis baik yang bersoda atau tidak, dan sebaiknya tetap memperbanyak konsumsi air putih serta cek kadar gula darah secara berkala penting untuk yang mempunyai penyakit diabetes, " saran dr Annisa. (Bangkapos.com/Sela Agustika)

Penulis: Sela Agustika
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved