Berita Bangka Barat

Satu di Antara 52 Warga Binaan Rutan Kelas IIB Muntok Terima Remisi Bebas

Dari 52 Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Muntok. Satu di antaranya langsung bebas.

Ist Humas Rutan Muntok
Pemberian SK remisi 52 Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Muntok, Kabupaten Bangka Barat, mendapat remisi pada momentum perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dari 52 Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Muntok, Kabupaten Bangka Barat mendapat remisi pada momentum perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah. Satu di antaranya langsung bebas.

WBP tersebut adalah Rian Suseno, pria yang divonis 3 tahun penjara tersebut mendapat asimilisasi  serta pembebasan dari Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Muntok, Kabupaten Bangka Barat bertepatan dengan momentum Idul Fitri.

Kepala Rutan Kelas IIB Muntok, Abdul Rasyid Meliala, menyebut dari 52 WBP yang menerima remisi 1 di antaranya mendapat asimilasi dirumahkan pada momentum Idul Fitri 1441 H tersebut.

" Ada satu narapidana mendapat Asimilasi yang dirumahkan dan langsung bebas. Dia adalah Rian suseno bin Irwansyah. Perkara pencurian divonis tiga tahun," terang Abdul Rasyid Meliala, Selasa (26/5/2020)

Menurut Abdul Rasyid, asimilasi ini dalam rangka pencegahan dan penanggulan penyebaran covid19.

Tidak dipungut biaya sebagaimana diamanahkan dalam peraturan menteri hukum dan hak asasi manusia no 10 tahun 2020 tentang syarat pemberian asimilasi dan hak integrasi dan keputusan menteri hukum dan hak asasi manusia Repbulik Indonesia nomor 19 tahun 2020 tentang pengeluaran dan pembebasan narapidana.

" Warga binaan yang mendapat asimilasi dirumahkan ini adalah mereka yang telah memenuhi persyaratan administrasi dan  WBP yang telah menjalani 2/3 dan tidak terkait dengan PP 99," kata Abdul Raysid Meliala, Kamis (26/5/2020)

Sebelumnya diberitakan sebanyak 52 Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Muntok, Kabupaten Bangka Barat mendapat remisi pada momentum perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah.

Jumlah remisi yang mereka terima bervariasi. Mulai dari 15 hari, 1 bulan hingga 1 bulan setengah. Demikian diungkapkan Kepala Rutan kelas II Muntok, Abdul Rasyid Meliala, Selasa (26/5/2020)

"Total ada 52 WBP yang menerima remisi pada momentum Idul Fitri ini. Remisi 15 hari sebanyak 28 orang Wbp Remisi 1 bulan sebanyak 23 orang WBP Remisi 1 bulan setengah sebanyak 1 orang WBP," ujar Abdul Rasyid Meliala memaparkan jumlah WBP yang menerima remisi, Selasa (26/5/2020)

Menurut Abdul Rasyid, WBP yang mendapat remisi ini telah memenuhi persyaratan administrasi dan subtantif dalam rangka pencegahan dan penanggulan penyebaran covid19.

"Tentunya WBP yang menerima remisi ini telah memenuhi syarat baik administrasi dan subtantif. Salah satunya berkelakuan baik," bebernya.

(bangkapos.com/Anthoni Ramli)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved