Abaikan Protokol Kesehatan, Begini Cara Jepang Hadapi Pandemi Covid-19

Selain China, ternyata ada satu negara Asia lagi yang terbukti bisa 'mengalahkan' pandemi covid-19 dengan tenaga mereka sendiri

Freepik
Ilustrasi new normal life setelah pendemi corona 

Abaikan Protokol Kesehatan, Begini Cara Jepang Hadapi Pandemi Covid-19

BANGKAPOS.COM - Selain China, ternyata ada satu negara Asia lagi yang terbukti bisa 'mengalahkan' pandemi covid-19 dengan tenaga mereka sendiri. Negara itu adalah Jepang.

Jepang sendiri dikatakan mengabaikan protokol kesehatan yang diberlakukan di hampir seluruh negara yang terkait pandemi.

Negeri Matahari Terbit itu nggak menerapkan pembatasan pergerakan penduduk bahkan bisnis di berbagai sektor mulai dari restoran sampai salon tetap buka seperti biasa.

Mereka bahkan nggak menggunakan aplikasi canggih untuk melacak pergerakan orang-orang dan nggak memiliki pusat pengendalian penyakit.

Jepang juga hanya menguji 0,2 persen dari populasinya aja lho sob. Tapi akhirnya, dengan populasi 126 juta penduduk itu, justru mampu meratakan kurva penyebaran virus dengan 17 ribu kasus dan 826 kematian.

Bahkan di Tokyo yang merupakan kota padat, kasus infeksi bisa turun menjadi 1 digit pada beberapa hari belakangan.

Lantas, bagaimana cara Jepang melakukannya?

Sebagaimana HAI lansir dari CewekBanget, Jepang mengaku kalau nggak ada solusi instan atau faktor pembeda lain dalam penanganan kasus pandemi ini.

Sebuah daftar yang dikutip dari laporan Bloomberg News, pendapat para ahli menunjukan 43 kemungkinan alasan, mulai dari budaya mengenakan masker, tingkat obesitas di Jepang yang rendah, hingga keputusan awal untuk menutup sekolah.

Halaman
12
Penulis: tidakada006
Editor: Evan
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved