Ratusan Warga Dihukum Push Up Gara-Gara Nekat Tidak Pakai Masker Saat Keluar Rumah

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang menggelar razia untuk memastikan masyarakat memakai masker dan tidak berkurumun

Freepik
Ilustrasi new normal life setelah pendemi corona 

Ratusan Warga Dihukum Push Up Gara-Gara Nekat Tidak Pakai Masker Saat Keluar Rumah

BANGKAPOS.COM - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang menggelar razia untuk memastikan masyarakat memakai masker dan tidak berkurumun selama beraktivitas di luar rumah.

Kepala Satpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan, masih banyak warga yang tak mematuhi aturan tersebut. Warga yang melanggar pun dihukum push up sebanyak 15 kali.

"Selama dilakukan penertiban kami dapati sudah ada sekitar 100 warga yang tidak pakai masker seperti di Banyumanik, Tembalang, Pedurungan. Mereka langsung kami beri hukuman push up 15 kali," jelas Fajar saat dihubungi, Kamis (28/5/2020).

Sanksi itu diberikan agar masyarakat jera dan mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona baru atau Covid-19.

"Kami berikan sanksi lebih tegas agar warga jera. Namun, apabila kami pas punya cadangan masker langsung kami berikan untuk segera dipakai tapi tetap akan dihukum push up dulu," ujarnya.

Fajar mengaku pihaknya akan terus melakukan patroli pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) di 16 Kecamatan di Kota Semarang mulai pukul. 20.30- 22.50 WIB.

"Kami akan terus lakukan patroli untuk menertibkan masyarakat mulai pukul. 20.30- 22.50 WIB," ungkapnya.

Fajar berharap masyarakat mematuhi peraturan yang berlaku dalam penerapan PKM. Masyarakat harus memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, dan dilarang berkerumun.

Langkah ini, kata dia, dilakukan sebagai persiapan penerapan new normal atau tatanan kehidupan baru. 

Pemerintah Kota Semarang akan menerapkan konsep new normal ketika grafik kasus Covid-19 turun signifikan.

"Tolong taati imbauan dari pemerintah demi keselamatan bersama. Peraturan ini berlaku sampai seterusnya karena persiapan menuju new normal. Syaratnya harus pakai masker agar tak terjadi penularan Covid-19," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/05/28/12581261/nekat-tidak-pakai-masker-saat-keluar-rumah-ratusan-warga-dihukum-push-up

Editor: Evan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved