Berita Sungailiat

Antisipasi Tindak Kejahatan, Warga Parit IV Simpalet Gelar Siskamling

Kegiatan yang dimulai sejak 25 Mei 2020 hingga saat ini guna mengantisipasi terjadinya tindakan kejahatan dan gangguan keamanan

Bangkapos/Edwardi
Warga Parit IV Sinpalet Kelurahan Kuday Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka melaksanakan kegiatan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Warga Parit IV Sinpalet Kelurahan Kuday Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka melaksanakan kegiatan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).

Kegiatan yang dimulai sejak 25 Mei 2020 hingga saat ini guna mengantisipasi terjadinya tindakan kejahatan dan gangguan keamanan terhadap lingkungan sekitar.

"Kegiatan Siskamling atau ronda malam ini sebagai suatu upaya masyarakat untuk meningkatkan Kamtibmas setempat. Sehingga adanya upaya kewaspadaan terhadap potensi gangguan keamanan di lingkungan masyarakat," kata Djin Hiung, Kaling Parit IV Sinpalet Kuday di Posko Siskamling samping Klenteng Sinpalet, Jumat (29/05/2020) malam.

Ditambahkannya, selain itu kegiatan Siskamling ini juga merupakan wujud dan upaya dari komitmen masyarakat untuk memberikan rasa aman serta nyaman dari hal-hal yang dapat menimbulkan kerawanan pada keamanan lingkungan setempat.

"Sebelum bertugas ronda malam keliling, maka petugas regu Siskamling melakukan apel terlebih dahulu di posko pada pukul 22:00 WIB untuk berbagi tugas dan menerima arahan dari ketua regu," ujar Djin Hiung.

Diungkapkannya, petugas Siskamling ada 10 kelompok, 1 kelompok terdiri dari 17 orang sampai 23 orang anggota.

Dari jumlah anggota kelompok tersebut dibagi menjadi 4 rombongan tugas ronda dan 2 orang standby di posko.

"Petugas Siskamling akan memasuki jalan-jalan gang yang kecil, lingkungan sepi ataupun daerah yang rawan. Jika menemukan ataupun melihat gerak-gerik seseorang diatas pukul 23:00 WIB, maka petugas siskamling berhak mempertanyakan kepentingannya," tegas Djin Hiung.

Diharapkannya bagi warga yang ada tidak bertugas Siskamling, apabila ada melihat gerak-gerik yang mencurigakan di sekitar rumahnya agar dapat memberitahukan kepada petugas ronda melalui kontak person petugas Siskamling yang sedang bertugas atau tertera di kertas jadwal ronda.

"Mohon kerjasama dari semua lapisan masyarakat Parit IV Sinpalet supaya kegiatan Siskamling ini berjalan dengan baik," harap Djin Hiung.

Diakuinya kegiatan Siskamling ini akan berkelanjutan untuk tiga bulan ke depan, selanjutnya akan dievaluasi kembali.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved