Begini Kisah Relawan yang Ikut Uji Coba Vaksin Virus Covid-19

Virus corona sudah menginfeksi hampir di seluruh dunia. Meski begitu, beberapa negara juga berlomba-lomba untuk menghasilkan vaksin guna menyembuhkan

scmp
108 peserta uji coba vaksin Virus Covid-19 

Begini Kisah Relawan yang Ikut Uji Coba Vaksin Virus Covid-19

BANGKAPOS.COM - Virus corona sudah menginfeksi hampir di seluruh dunia. Meski begitu, beberapa negara juga berlomba-lomba untuk menghasilkan vaksin guna menyembuhkan jutaan orang yang terinfeksi.

Di China misalnya, para ilmuwan di sana sudah memiliki tiga vaksin yang sedang dalam proses uji coba pada manusia. Ketiganya menggunakan metode produksi yang lebih konvensional.

Salah satu vaksin itu dinamakana AD5-nCoV dan dibuat oleh perusahaan bioteknologi CanSino Biologic.

CanSino Biologics bekerja sama dengan Institut Bioteknologi dan Akademi Ilmu Kedokteran Militer China, menguji vaksin mereka.

Vaksin tersebut menggunakan denovirus, virus penyebab flu sebagai vektor atau pengantar. Tentu, adenovirus yang digunakan adalah versi yang tidak berkembang biak.

Vektor tersebut membawa gen untuk protein S (spike) dari permukaan virus corona. Mereka berusaha memancing respons kekebalan tubuh guna melawan infeksi.

Selain AD5-nCoV, China juga melakukan uji coba pada manusia untuk vaksin LV-SMENP-DC dari Institut Kedokteran Genoimun, Shenzen.

Vaksin ini berfokus pada penggunaan model sel dendrit yang dimodifikasi dengan vektor dari lentivirus.

Calon berikutnya adalah vaksin yang dibuat dari virus yang telah dinonaktifkan dari Institut Produk Biologi Wuhan, subordinat dari Grup Farmasi Nasional China, Sinopharma.

Halaman
1234
Penulis: tidakada006
Editor: Evan
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved