Kapan Masuk Sekolah Lagi? Simak Penjelasan Kemendikbud

Barangkali tidak sedikit dari para siswa maupun orangtua siswa yang bertanya-tanya kapan masuk sekolah lagi, setelah kegiatan belajar mengajar

Manan VATSYAYANA / AFP
ILUSTRASI - Siswa mengenakan masker wajah berdiri dalam antrian untuk memeriksa suhu mereka di sekolah Marie Curie di Hanoi pada 4 Mei 2020, ketika sekolah dibuka kembali setelah penutupan tiga bulan untuk memerangi penyebaran coronavirus novel COVID-19. 

Kapan Masuk Sekolah Lagi? Simak Penjelasan Kemendikbud

BANGKAPOS.COM - Barangkali tidak sedikit dari para siswa maupun orangtua siswa yang bertanya-tanya kapan masuk sekolah lagi, setelah kegiatan belajar mengajar terpaksa dilakukan secara online atau di rumah sejak wabah Virus Corona. 

Tahun ajaran baru 2020 / 2021 tetap akan dimulai pada 13 Juli 2020, demikian ditegaskan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 

Meski waktu dimulainya Tahun ajaran baru sudah ditegaskan, itu bukan berarti siswa belajar di sekolah

Soal kapan masuk sekolah lagi, Kemendikbud akan mengacu pada kajian dan rekomendasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Plt Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah Kemendikbud, Hamid Muhammad, telah menepis adanya permintaan pengunduran Tahun ajaran baru 2020/2021 ke bulan Januari 2021.

"Kenapa Juli? Memang kalender pendidikan kita dimulai minggu ketiga bulan Juli dan berakhir Juni. Itu setiap tahun begitu," kata Hamid dalam telekonferensi di Jakarta, Kamis (28/5/2020), dikutip Tribuin Jogja dari kompas.com.

Hamid mengatakan keputusan tak memundurkan tahun ajaran baru 2020/2021 ditandai dengan adanya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD) 2020.

Menurutnya, ada beberapa hal yang mesti disinkronisasi bila memundurkan Tahun ajaran baru 2020/2021.

"Kelulusan SMA SMP sudah diumumkan. Artinya sudah lulus, kalau diperpanjang, ini mau dikemanakan (lulusannya). di perguruan tinggi sudah melakukan seleksi seperti SNMPTN, ada juga SBMPTN, ini harus sinkron," kata Hamid.

Halaman
12
Penulis: tidakada006
Editor: Evan
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved