MENDAGRI Gelar Lomba Inovasi Agar Masyarakat Siap Menyongsong New Normal Life

Pemerintah Pusat lewat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan menggelar lomba inovasi.

Kemendagri
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, menggelar pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kantor Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (17/3/2020). 

BANGKAPOS.COM - Pemerintah Pusat lewat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan menggelar lomba inovasi.

Dengan tema, "Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19".

Lomba inovasi ini rencananya akan diikuti oleh seluruh pemerintah daerah, baik provinsi, kabupaten atau kota.

Pada hari Jumat (29/5/2020), bertempat di di Ruang Rapat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gedung A lantai 2 Kantor Kemendagri, digelar video conference yang dihadiri langsung Mendagri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Pariwisata, Wishnutama.

Dalam sambutannya, Mendagri mengatakan, saat ini, bangsa Indonesia sedang dihadapkan pada krisis baru yaitu pandemi Covid-19.

Hingga kini, baik WHO dan para peneliti serta ilmuwan di seluruh dunia, belum bisa memprediksi kapan pandemi Covid-19 akan selesai. Pada akhirnya, semua mesti beradaptasi dengan kondisi yang ada.

"Pemerintah sudah membuat skenario-skenario untuk mengatasi ini. Bapak Menko Ekonomi sudah menyusun tahapan-tahapan bekerjasama dengan Gugus Tugas, Kemenkes, dan semua sektor, semua kementerian," kata Tito, di Jakarta, Jumat (29/5/2020).

"Semua bidang bergerak untuk menyusun protokol-protokol agar kita aman dari Covid-19 tapi aktivitas tetap produktif. Sambil menunggu itu memang perlu tahapan-tahapan," tambah Tito.

Tahapan yang paling penting, menurut Mendagri adalah tahapan prakondisi atau conditioning.

Conditioning ini sangat penting agar semuanya dapat mengantisipasi dan siap menyongsong kehidupan baru.

Maka diantaranya perlu ada kegiatan pembuatan protokol di berbagai sektor kehidupan dan pembuatan simulasi-simulasi.

"Memang ada skenario untuk tatanan ini diterapkan dengan sistem zonasi termasuk zona yang hijau diantaranya ukuran dari R0, R1,misalnya. Kemudian kesiapan dari daerah, kesiapan kapasitas sistem kesehatan dan lain-lain," kata Tito.

"Jadi ada zonasi dan ada sektor yang nanti secara bertahap, tapi terlepas dari sektor dan zonasi itu kedepan saya kira semua daerah siap dengan tatanan yang aktif, produktif tapi aman Covid-19 ini," tambahnya.

Halaman
1234
Penulis: tidakada002
Editor: ediyusmanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved